get app
inews
Aa
Read Next : Bunyi Kentongan Jadi Penanda Siaga Masyarakat di Pesisir Laut Sukabumi

5 Inspirasi Usaha Modal Kecil Untung Besar

Rabu, 17 Agustus 2022 | 12:00 WIB
header img
Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Bisnis makanan ringan (Foto: Marilyna/ Getty Images).

SUKABUMI, iNews.id —Aneka jenis usaha modal kecil untung besar ini bisa menjadi sumber inspirasi bagi para wirausaha. Usaha kecil ini juga belum terlalu banyak pesaing atau kompetitor. 

Berikut ini sejumlah usaha modal kecil dengan keuntungan lumayan besar yang layak dicoba;

1. Bisnis Kreasi Makanan Ringan 
Kreasi makanan ringan adalah jenis usaha modal sedikit yang belum banyak pesaing. Mengkreasikan makanan ringan yang umum ada di pasaran mungkin belum banyak dilirik. Makanan ringan atau snack sejatinya adalah komoditi yang selalu laku. Namun jika dikreasikan baik secara kreasi produk ataupun kemasan, tentu hal itu akan menjadi pembeda dari para pesaing. Misalnya saja kreasi dari jenis jajanan makaroni kering, keripik atau kerupuk, bakso goreng (basreng), hingga popcorn. Untungnya bisa 2 hingga 3 kali lipat dari modal yang dikeluarkan. 

2. Bisnis Frozen Food 
Usaha modal kecil yang belum banyak pesaing berikutnya adalah bisnis Frozen Food atau makanan beku. Sama seperti bisnis makanan ringan, permintaan terhadap produk makanan beku juga kian meningkat. Khususnya sejak era pandemi.  Pasalnya, kini telah semakin banyak orang memerlukan makanan praktis dan bisa disimpan lama di dalam pendingin. Oleh sebab itu, tidak heran jika bisnis frozen food untuk produk-produk seperti sosis, nugget, dan french fries semakin ramai peminat.  

3. Bisnis Katering Makanan Sehat 
Saat ini, telah banyak orang sadar akan gaya hidup sehat. Perubahan ke gaya hidup sehat itu biasanya dilakukan dengan memperbaiki pola makan.  Katering makanan sehat sebenarnya mulai banyak peminatnya. Namun, katering sehat ini biasanya dibandrol harga tinggi. Jika bisa mendapatkan kreasi bahan-bahan lokal dengan harga murah, bisnis ini akan cukup menjanjikan. Terutama jika ditawarkan sebagai paket katering harian, mingguan, atau bulanan. 

4. Bisnis Minuman Kesehatan 
Sama dengan katering sehat, bisnis minuman sehat juga dapat menjadi usaha yang minim modal sekaligus belum banyak pesaingnya. Padahal banyak jenis minuman sehat yang kini semakin diminati konsumen. Terlebih, semakin meningkatnya kesadaran orang-orang terkait pola hidup sehat. Contoh jenis minuman sehat sangat beragam. Salah satu jenis yang laku adalah minuman sehat dipercaya sebagai pengobatan dan suplemen. Permintaan jenis minuman sehat tersebut juga meningkat semenjak semenjak pandemi. Contohnya mulai dari jamu hingga jus alami yang sangat mudah pembuatannya. Kreasi jamu jahe lemon, teh serai, jus murni (cold-press) bisa menjadi contoh sebagai minuman tradisional namun kekinian dan bisa dibuat dengan mudah. Ada lagi jenis minuman kaya serat seperti aneka jus dan susu kedelai. Hanya bermodal alat dan bahan-bahan yang murah saja, kamu bisa memulai usaha tersebut. 

5. Bisnis Daur Ulang Kreatif 
Bisnis daur ulang kreatif bisa menjadi peluang yang sangat menjanjikan. Kreativitas mengubah sesuatu yang kurang bernilai menjadi memiliki nilai tinggi adalah hal yang unik dan tidak dilakukan semua orang. kreasi produk daur ulang tentunya juga tidak membutuhkan modal material yang besar. Membuat inovasi menarik dan ramah lingkungan dari produk-produk seperti sabut dan batok kelapa menjadi barang seni dan perkakas rumah tangga bisa menjadi contoh. Selain itu, memanfaatkan limbah-limbah lain seperti dari limbah kayu juga sangat potensial untuk dijadikan bisnis murah yang sangat sedikit pesaingnya. Itulah 5 contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing yang menarik untuk dicoba. Beberapa bisnis minim modal tersebut sangat potensial untuk memulai usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang belum banyak kompetitornya.

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut