get app
inews
Aa Read Next : Gempa Berkekuatan Magnitudo 3,8 Guncang Sukabumi, Dirasakan hingga Sindangbarang

Gempa M4,0 di Darat Guncang Kabupaten Sukabumi, Getaran Terasa di Palabuhanratu

Selasa, 28 Februari 2023 | 22:31 WIB
header img
Gempa bumi guncang Sukabumi Selasa malam (28/2/2023. Foto Illustrasi gempa/Doc iNews.id

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat diguncang gempa bumi dengan magnitudo 4,0 Selasa malam (28/2/2023) sekira pukul 20.11.48 WIB. Gempa terkini yang berpusat di darat dengan jarak 11 kilometer Tenggara Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dengan hiposentrum pada kedalaman 3 km. 

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa (episentrum) hari ini tersebut terletak pada koordinat 7.03 Lintang Selatan dan 106.64 Bujur Timur.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cimandiri,” kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Hartanto dalam keterangan resminya.

Berdasarkan tingkat guncangan (Shakemap) BMKG serta laporan dari masyarakat, gempa bumi yang terjadi dirasakan di beberapa wilayah seperti Kota Sukabumi dan Palabuhanratu.

Gempa Sukabumi tersebut memiliki  Intensitas II-III MMI, 

Dimana getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. 

Di dalam rumah, getaran dirasakan nyata dan terasa seperti ada truk yang berlalu. Sedangkan di Bogor, Lebak, dan Bayah, dampak gempa bumi terasa dengan Skala Intensitas II MMI, di mana getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut