get app
inews
Aa Read Next : Keutamaan Berpuasa di Hari ke 5 Ramadhan dan Jadwal Imsak Sukabumi Senin 27 Maret 2023

Malam Lailatul Qadar 2023 Jatuh Pada Tanggal Berapa Ini Penjelasannya

Selasa, 11 April 2023 | 16:35 WIB
header img
Lailatul Qadar memiliki keistimewaan yang sangat besar bagi umat Islam karena lebih baik daripada seribu bulan. Foto ilustrasi Dok iNews.id

JAKARTA, iNewsSukabumi.id - Ketika akan memasuki bulan Ramadhan, pertanyaan yang sering muncul di kalangan umat Islam adalah kapan malam Lailatul Qadar 2023. Lailatul Qadar memiliki keistimewaan yang sangat besar bagi umat Islam karena lebih baik daripada seribu bulan.

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5)
 

Artinya : Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. (QS. Al Qadar [97] : 3-5. 
 

Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah pada malam Lailatul Qadar.

Namun, tidak ada waktu pasti mengenai datangnya Lailatul Qadar. Rasulullah SAW pernah menyebutkan bahwa Lailatul Qadar biasanya terjadi pada malam-malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadan, seperti yang terdapat dalam hadits riwayat Bukhari. Dari hadits tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemungkinan besar Lailatul Qadar terjadi pada tanggal 21, 23, 25, 27, atau 29 bulan Ramadhan.

Imam Muslim juga meriwayatkan dari Aisyah radliyallahu anha bahwa Rasulullah SAW bersungguh-sungguh dalam sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, hal yang tidak beliau lakukan pada bulan lainnya. Dari situ, Imam Ghazali menjelaskan bahwa hari pertama jatuhnya bulan Ramadhan bisa menjadi dasar untuk mengetahui waktu Lailatul Qadar.

Jika awal Ramadhan jatuh pada hari Ahad atau Rabu, maka Lailatul Qadar jatuh pada malam ke-29. Jika awal Ramadhan jatuh pada hari Senin, maka Lailatul Qadar jatuh pada malam ke-21. Jika awal Ramadhan jatuh pada hari Selasa atau Jumat, maka Lailatul Qadar jatuh pada malam ke-27. Jika awal Ramadhan jatuh pada hari Kamis, maka Lailatul Qadar jatuh pada malam ke-25. Jika awal Ramadhan jatuh pada hari Sabtu, maka Lailatul Qadar jatuh pada malam ke-23.

Berdasarkan penjelasan Imam Ghazali tersebut, dapat disimpulkan bahwa Lailatul Qadar 2023 kemungkinan besar akan terjadi pada tanggal 25 Ramadhan. Hal itu karena awal bulan suci pada tahun ini jatuh pada hari Kamis.

Namun, umat Islam dianjurkan untuk tidak hanya memperbanyak ibadah pada malam ke-25 Ramadhan saja. Sebaiknya, memperbanyak ibadah sejak awal Ramadhan demi meraih keridhaan Allah SWT. Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam.


 

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut