get app
inews
Aa Read Next : Tiba di Timika, KKB Pembunuh Danramil Aradide Mengakui Hal Ini

Profil Pasukan Para Raider 305 Tengkorak, Satuan Elite Kostrad yang Pukul Mundur KKB di Intan Jaya

Kamis, 27 April 2023 | 18:01 WIB
header img
Yonif Para Raider 305/Tengkorak Satgas Pamtas Mobile RI dengan Papua Nugini (PNG) berhasil memukul mundur serangan KKB Papua di Intan Jaya, Papua Tengah. Foto Satgas Pamtas Mobile PR 305/Tengkorak

INTAN JAYA, iNewsSukabumi.id - Batalyon Infanteri (Yonif) Para Raider 305/Tengkorak yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Mobile RI dengan Papua Nugini (PNG) berhasil memukul mundur serangan KKB Papua (Kelompok Kriminal Bersenjata) di Intan Jaya, Papua Tengah,  Minggu 23 April 2023. Atas kesigapan personel pasukan pemukul Divisi 1 Kostrad ini, KKB yang berada di sekitar Kp Titigi, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah dapat dipukul mundur.

Satuan berkualifikasi Para Raider dengan semboyan DARIPADA MENYERAH LEBIH BAIK MATI BERCERMIN SEBAGAI TENGKORAK ini berhasil membuat lari tunggang langgang KKB Papua.

Dimana Satuan Elite TNI AD ini memang memiliki kemampuan di atas rata-rata prajurit Infanteri biasa.    
 
"Ya gerombolan KST (KKB) menggunakan dua senjata api laras panjang untuk menyerang Aparat TNI Yonif 305/Tengkorak yang sedang menuju Kampung Kusage di Kabupaten Intan Jaya pada hari Minggu (23/4). Pasukan TNI (Yonif Para Raider 305/Tengkorak) kemudian melakukan penindakan dengan membalas serangan sehingga gerombolan KST melarikan diri," ungkap Kol Kav Herman Taryaman, Kapendam XVII/Cenderawasih kepada iNews.id. 
  
Kapendam menegaskan, upaya gerombolan KST untuk menyerang Aparat TNI dan membuat resah masyarakat di Kampung Sambili, Kampung Kusage, dan Kampung Mamba Bawah menyebabkan keributan antara gerombolan KST dan masyarakat kampung. 
 
Sehingga, lanjut Kapendam, sebagai respons, masyarakat Kampung Bilogai Kabupaten Intan Jaya berkumpul membawa busur dan panah untuk berupaya mengusir gerombongan KST. 
 
Pasukan yang bermarkas di Jalan Raya Telukjambe, Desa Sirnabaya, Kecamatan Teluk Jambe Timur, Kabupaten Karawang bertugas di Intan Jaya, Papua tengah mulai September 2022 sebagai Pasukan Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Mobile di BKO-kan di Kodam XVII/Cenderawasih.  

Pasukan pemukul Kostrad yang berada di bawah Brigade Infanteri Para Raider 17/Sakti Budi Bhakti, Divisi Infanteri 1/Kostrad ini mengamankan langsung perbatasan RI dengan Papua Nugini (PNG). 

Prajurit Yonif Para Raider 305/Tengkorak telah menempuh kualifikasi Para Raider di Pusdikpassus Batu Jajar, usai mendapatkan brevet Cakra.

Pasukan Tengkorak ini memiliki kemampuan anti teror dan keahlian-keahlian khusus lainnya seperti Raids, mobil udara, dan pertempuran jarak dekat serta handal di segala medan pertempuran baik laut darat dan udara. 
     
Sementara Dansatgas Yonif 305/Tengkorak Letkol Inf Ardiansyah mengatakan, penugasan pasukannya di Kabupaten Intan Jaya telah menciptakan suasana baru dengan pendekatan Humanis kepada masyarakat sekitar. 
 
Selain itu terlihat kebersamaan para prajurit yang bertugas dengan masyarakat sekitar. Salah satunya dengan membantu masyarakat dalam proses pemakaman jenazah warga Suku Moni yang tersebar di wilayah Pegunungan Papua di Kabupaten Intan Jaya termasuk melaksanakan kegiatan memborong hasil bumi warga di Pos Koper, Kab. Intan Jaya.

"Hal inilah yang membuat masyarakat di Kabupaten Intan Jaya berkumpul membawa busur dan panah untuk mengangkat senjata mengusir gerombongan KST," kata Dansatgas.
 

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut