get app
inews
Aa Read Next : Profil dan Biodata Andri Setiawan Hamami, Pengusaha yang Jadi Wakil Wali Kota Sukabumi Kini Maju DPR

Mantan Menteri Lingkungan Hidup Sarwono Kusumaatmadja Meninggal saat Dirawat di Penang Malaysia

Jum'at, 26 Mei 2023 | 18:57 WIB
header img
Mantan Menteri Lingkungan Hidup pada masa pemerintahan Presiden Soeharto, Sarwono Kusumaatmadja (79), telah meninggal dunia pada hari ini, Jumat 26 Mei 2023. Foto SINDOnews

PENANG, iNewsSukabumi.id - Mantan Menteri Lingkungan Hidup pada masa pemerintahan Presiden Soeharto, Sarwono Kusumaatmadja (79), telah meninggal dunia pada hari ini, Jumat 26 Mei 2023. Kabar duka tersebut telah dikonfirmasi oleh Ketua DPP Partai Golkar, Christina Aryani.

"Iya betul (Sarwono Kusumaatmaja meninggal)," kata Christina saat dikonfirmasi, Jumat (26/5/2023).
 
Christina juga menyampaikan bahwa keluarga besar Partai Golkar sangat merasakan dukacita yang mendalam atas kepergian tokoh dan senior Sarwono Kusumaatmadja. 

"Rentang pengabdian beliau pada negara tidak diragukan lagi sebagaimana terlihat dari baktinya yang besar untuk negara baik pada level eksekutif maupun legislatif, yang sekaligus menginspirasi dan menjadi contoh bagi kami kader muda Partai Golkar," ucap Christina.

Menurut Christina, Sarwono Kusumaatmadja adalah sosok yang tenang, memiliki integritas tinggi, dan pengetahuan yang luas. Dia juga menggambarkan Sarwono sebagai pribadi yang sangat disiplin dan bertanggung jawab.

"Kita sama-sama berdoa agar almarhum diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa, kembali berkumpul dengan almarhumah istrinya yang sudah mendahului lebih awal dan kepada keluarga yang ditinggalkan agar diberikan kekuatan dan ketabahan," tuturnya.

Dalam pesan yang diterima, disebutkan bahwa Sarwono Kusumaatmadja meninggal pada pukul 17.15 waktu Penang, Malaysia. Sarwono diketahui sedang menjalani pengobatan di Penang Adventist Hospital (PAH), Malaysia. Kondisi kesehatannya mengalami penurunan akibat penyakit yang dideritanya. Almarhum telah didiagnosis menderita kanker paru-paru.

Sarwono Kusumaatmadja mengalami penurunan kondisi kesehatan akibat sakit yang dideritanya. Dia didiagnosis menderita kanker paru-paru sebelum akhirnya meninggal dunia.

"Kondisi fisik Pak Sarwono masih lemah, tetapi semangatnya sangat tinggi. Mohon doa untuk kesembuhan beliau," kata staf pribadi Sarwono, Veronica Wiyarsi dalam pesan singkat yang menyebar di aplikasi WhatsApp dikutip Senin (22/5/2023).

Sarwono Kusumaatmadja merupakan seorang anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari DKI Jakarta untuk masa bakti 2004-2009. Dia memiliki pengalaman menjabat sebagai Menteri Negara Lingkungan Hidup pada era Presiden Soeharto dari tahun 1993 hingga 1998. Selain itu, almarhum juga pernah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dari tahun 1999 hingga 2001.

Sarwono meraih gelar sarjana dari Jurusan Teknik Sipil di Institut Teknologi Bandung pada tahun 1974. Sebelumnya, dia menyelesaikan pendidikan tingkat atas di Kolese Kanisius. 
  

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut