get app
inews
Aa Read Next : Teroris KKB Serang Warga Sipil di Kampung Kago Distrik Ilaga, 1 Orang Tertembak 

Pasukan Raider dan Kopasgat Tembak Mati Anggota KKB di Distrik Ilaga yang Membakar Perumahan Nakes

Rabu, 13 September 2023 | 19:20 WIB
header img
Pasukan gabungan Raider dan Kopasgat menembak mati seorang anggota Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) atau yang juga dikenal sebagai KKB di Distrik Ilaga. Foto saat pasukan TNI Polri memadamkan kebakaran diperumahan Nakes Ilaga. Pen Kogabwilhan III

ILAGA, iNewsSukabumi.id - Pasukan gabungan Yonif Raider 300/Brajawijaya, Kopasgat dan Satgas Elang menembak mati seorang anggota Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) atau yang juga dikenal sebagai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, pada Rabu (13/9/2023).

Sebelumnya, telah terjadi kontak senjata dengan anggota KSTP atau KKB tersebut karena mereka melakukan perusakan dan pembakaran di Kompleks perumahan Tenaga Kesehatan (Nakes) di RSUD Kampung Kibogolome, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, pada Rabu (13/9/2023).

Kepala Penerangan (Kapen) Kogabwilhan III, Kolonel Czi GN Suriastawa, menjelaskan bahwa tindakan pembakaran bangunan perumahan Nakes RSUD Ilaga yang dilakukan oleh KSTP Puncak (Wilayah Kepala Air) pada hari Senin (11/9) sangat ironis, mengingat upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan para Nakes. Pemerintah telah menyediakan perumahan Nakes tersebut dengan harapan agar para Nakes dapat bekerja dengan lebih tenang, nyaman, dan konsentrasi penuh dalam membantu menjaga serta meningkatkan kesehatan masyarakat Papua, terutama di wilayah Puncak. Namun, menurut Kolonel Suriastawa, bangunan perumahan Nakes RSUD Ilaga yang baru saja dibangun dan masih kosong malah dibakar oleh KSTP.

Kapen Kogawilhan III menambahkan bahwa tindakan KSTP tersebut telah diantisipasi oleh Patroli Gabungan Satgas Pamtas Mobile Yonif Raider 300/BJW dan Satgas Elang di wilayah Ilaga. Dalam pengawasan yang dilakukan oleh personel Satgas Pasgat Jingga 25, terdapat dua anggota KSTP di belakang rumah Nakes yang terbakar. Mereka kemudian dilakukan tindakan pengamanan dengan melakukan tembakan terhadap kedua anggota KSTP tersebut. Meskipun kedua anggota KSTP tersebut terluka dalam tembakan, mereka berhasil melarikan diri ke arah Kampung Kepala Air.
  
“Ya benar kejadian tersebut (Pembakaran rumah Nakes dan kontak tembak), dari Satgas Bais wilayah Ilaga memberikan informasi bahwa adanya satu korban KSTP yang tewas," ujar Kapen.
 
Sebelum terjadi pembakaran perumahan Nakes dan kontak tembak dengan KSTP, Pada Saat Patroli Gabungan Satgas Pamtas Mobile Yonif Raider 300/Bjw dengan Satgas Elang wilayah Ilaga terpantau di Tower Telkomsel, Kampung Nipuralome, Distrik Ilaga 2 orang kelompok KSTP dengan membawa 2 pucuk senjata selanjutnya dilakukan pengejaran ke arah Kp Arumaga.

"Pada saat melaksanakan penyisiran di sekitaran rumah, honai dan gereja di Kp. Arumaga, Praka Lutfi Sniper 300/Bjw melihat 3 orang KSTP dengan membawa 2 pucuk laras panjang berlari ke atas ketinggian, maka dilakukan tembakan peringatan namun kelompok KST malah membalas tembakan sehingga terjadi kontak tembak, dari hasil pantauan Drone diketahui 1 orang KSTP terjatuh dan diseret oleh temannya ke lembah," tandas Kolonel Czi GN Suriastawa.
 

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut