get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Museum Prabu Siliwangi Tempat Bersejarah di Sukabumi, Simpan Koleksi Benda-Benda Langka

6 Museum di Sukabumi: Prabu Siliwangi hingga Megalodon Berisi Peninggalan Sejarah Menakjubkan

Selasa, 19 September 2023 | 15:19 WIB
header img
Museum di Sukabumi, ada museum Prabu Siliwangi hingga Megalodon berisi peninggalan sejarah. Foto: istimewa

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Museum di Sukabumi dapat menjadi pilihan liburan edukasi sekaligus pembelajaran sejarah, khususnya bagi generasi muda. Karena beberapa museum ini berisi peninggalkan sejarah yang menakjubkan.

Museum ini cocok untuk tempat mengkreasi dan bisa sebagai tempat wisata edukasi bagi anak-anak. Dimana mereka dapat menggali beragam informasi dan pengetahuan yang di dalamnya. Sembari mengisi waktu luang, Anda juga bisa belajar sejarah dengan cara yang menarik. 

Museum Sukabumi yang satu ini tentunya menghadirkan beberapa peninggalan sejarah yang  sayang untuk anda lewatkan.

Museum di Sukabumi

1. Museum Prabu Siliwangi

Museum Prabu Siliwangi ini tempat edukasi yang mesti anda kunjungi di Sukabumi. Terdapat tiga ruangan di Museum Prabu Siliwangi yaitu ruangan sejarah islam, ruangan Prabu Siliwangi dan juga ruangan sejarah kemerdekaan.

Di Museum ini juga terdapat peninggalan budaya berwujud dan tidak berwujud seperti naskah, arkeologika, seni rupa, teknologika, dan pusaka-pusaka peninggalan masa Prabu Siliwangi. 

Museum Prabu Siliwangi menyimpan banyak sekali koleksi warisan budaya nasional dan juga internasional.

2. Museum Pegadaian

Museum Pegadaian Sukabumi dibangun untuk menceritakan jejak kemasan Pegadaian dari zaman kolonial hingga saat ini.

Museum Pegadaian ini pengunjung dapat melihat peralatan pegadaian yang digunakan pada masa lampau seperti brankas, lemari tempat penyimpanan emas, lemari arsip kayu, sepeda, mesin koin, mesin tulis, dan jam tangan, mekanik, alat hitung sempoa dan cap kuno untuk keperluan administrasi.

Selain itu, tempat ini juga memiliki barang-barang unik yang bisa dijadikan  jaminan, mulai dari kain tradisional, barang antik, dan barang berharga lainnya yang dibuat pada masa kolonial. Selain itu, pengunjung juga dapat menjelajahi Kota Sukabumi secara online. 

3. Museum Palagan Bojongkokosan

Museum di Sukabumi ini mempunyai beberapa koleksi yang terbagi dalam dua ruang pameran, yaitu Ruang Pameran I, dimana di ruangan ini terdapat empat buah vitrin dan baling-baling serta kaca jendela pesawat serta foto dan nama  pahlawan yang gugur di medan perang dalam pertempuran pada pertempuran Bojong Kokosan.

Ruang Pameran II kemudian menyimpan miniatur masterplan Palagan Bojongkokosan yang berada di tengah ruangan. Terdapat 7 minirama yang menggambarkan peristiwa di Bojong Kokosan. Masing-masing menggambarkan dan diberi judul.

4. Museum Tionghoa

Museum Tionghoa ini tempat wisata edukasi sejarah yang ada di sukabumi, museum ini banyak memamerkan benda-benda bersejarah.

Di dalam Museum Tionghoa ini tersimpan benda-benda yang berkaitan dengan dengan sejarah yang ada di Sukabumi mulai dari kendaraan, peralatan rumah tangga, alat hiburan hingga  mata uang atau alat transaksi ekonomi.

Tak berhenti sampai di situ, ini juga merupakan arsip sejarah Sukabumi yang dikumpulkan oleh Yayasan Dapuran Kipahare dan pemerintah setempat. Selain itu, operator pariwisata siap melayani wisatawan yang ingin mendalami sejarah, termasuk pendidikan.

5. Museum Megalodon

Museum Megalodon inilah tempat yang bagus untuk mempelajari sejarah hiu purba yang konon hidup di kawasan Sukabumi jutaan tahun lalu.

Di museum ini terdapat berbagai koleksi seperti fosil gigi hiu purba atau Megalodon, moluska jenis kerang, keong, tulang paus bahkan ambergris atau muntahan paus.

6. Museum Kipahare


Museum Kipahare

Museum Kipahare ini merupakan salah satu museum di kota Sukabumi yang mengoleksi berbagai artefak sejarah kerajaan Padjajaran dan kehidupan masyarakat Sunda kuno.

Museum Kipahare ini menyatukan berbagai benda seperti batu, pusaka, keris, peralatan dapur kuno, alat musik tradisional, serta piring tua dari masa kolonial.

Nah, itulah beberapa museum di Sukabumi yang bisa dijadikan tempat untuk memperluas pengetahuan anda tentang sejarah masa lalu dengan cara yang menarik.

 

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut