get app
inews
Aa Read Next : Gempa Berkekuatan Magnitudo 3,8 Guncang Sukabumi, Dirasakan hingga Sindangbarang

Gempa Bumi Hari Ini di Sukabumi M5.4, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Minggu, 01 Oktober 2023 | 12:51 WIB
header img
Gempa Bumi hari ini terkini berkekuatan Magnitudo (M) 5.4 telah terjadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Foto: Ilustrasi

JAKARTA, iNewsSukabumi.id - Gempa Bumi hari ini terkini berkekuatan Magnitudo (M) 5.4 telah terjadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengonfirmasi bahwa gempa bumi  di Sukabumi  tidak memiliki potensi tsunami.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, kepada awak media di Jakarta pada Minggu (1/10/2023).

BMKG menjelaskan bahwa pusat gempa bumi (episenter) berada di koordinat 7,26 LS - 106,52 BT, yang berlokasi di darat di wilayah Sukabumi, Jawa Barat, pada kedalaman 104 kilometer.

Menurut Daryono, dengan mempertimbangkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter (titik di dalam bumi di mana gempa berasal), gempa bumi ini adalah jenis gempa bumi menengah yang disebabkan oleh deformasi batuan di dalam Lempeng Indo-Australia yang tertekan di bawah Jawa Barat.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini melibatkan pergerakan geser naik (oblique thrust)," kata Daryono.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut