get app
inews
Aa Read Next : Bunyi Kentongan Jadi Penanda Siaga Masyarakat di Pesisir Laut Sukabumi

Sambut Libur Natal dan Tahun Baru 2024, PKL di Pantai Karanghawu Sukabumi Dibenahi

Rabu, 20 Desember 2023 | 20:43 WIB
header img
Suasana Gazebo Mazenin, di sekitar pantai Karanghawu, Desa Cisolok, Kecamatan Cisolok, terlihat mulai bebas dari PKL.

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Jajaran pemerintah Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, telah melakukan sejumlah upaya penataan dan pembenahan terhadap sejumlah objek wisata, yakni Pantai Karanghawu, Geyser Cisolok, serta objek wisata lainnya.

 

Camat Cisolok, Jenal Abidin, mengatakan, bahwa dalam rangka menyambut wisatawan saat libur natal 2023 dan tahun baru 2024, telah dilakukan beberapa upaya penataan dan pembenahan di sejumlah kawasan wisata yang ada di Kecamatan Cisolok.

 

Penataan tersebut salah satunya akan melakukan relokasi terhadap para pedagang kaki lima (PKL), yang biasa berjualan di sekitar Pantai Karanghawu ke sekitar area gazebo Mezanin dengan penyeragaman gerobak nantinya.

 

"Jadi penyeragaman gerobak pedagang ini untuk pelaku usaha di sekitar pantai ke sekitar Gazebo Mazenin dilakukan tim dari kecamatan," ungkap Jenal Abidin, Rabu, (20/12/2023).

 

"Ini dilakukan agar kawasan wisata tidak terlihat semrawut, sehingga pengunjung atau wisatawan yang datang merasa nyaman, aman, dan betah," imbuhnya.

 

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris Kecamatan Cisolok, Okih Pazri Assidiq mengungkapkan, bahwa saat ini perkembangan penataan pedagang di sekitar Pantai Karanghawu dimana dalam upaya menunjangnya sekitar Gazebo Mezanin dilengkapi layanan akses wifi.

 

Tidak hanya itu, kata Okih lagi, pihaknya juga menyediakan pelayanan pipanisasi untuk air bersih, serta penyediaan untuk ketersediaan listrik di sekitar gazebo Mezanin.

 

"Semua sudah terpasang di sekitar gazebo mezanin. Nah, nanti juga gerobak pedagang akan seragam. Saat ini sudah siap disalurkan kepada 13 pedagang Karanghawu yang direlokasi itu," terangnya.

 

"Rencana relokasi 13 pedagang ke gazebo Mezanin sebelum minggu akhir Desember 2023 untuk menyambut wisatawan," tandasnya.*

Editor : Ridwan

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut