get app
inews
Aa Read Next : Teroris KKB Serang Warga Sipil di Kampung Kago Distrik Ilaga, 1 Orang Tertembak 

Baku Tembak dengan Kopassus dan Brimob di Area PT Freeport, Tokoh KKB Abubakar Kogoya Tewas Ditembak

Kamis, 04 April 2024 | 21:20 WIB
header img
Satgas Nanggala Kopassus beserta Satgas Damai Cartenz Korps Brimob Polri berhasil menembak mati salah satu tokoh KKB Papua saat saat baku tembak di Tembagapura. Foto Ilustrasi Pasukan Kopassus/Kopassus.mil.id

TIMIKA, iNewsSUKABUMI.id - Satgas Nanggala Kopassus beserta Satgas Damai Cartenz Korps Brimob Polri berhasil menembak mati salah satu tokoh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua saat baku tembak di distrik Mimika, Tembagapura. Selain itu satu pucuk senpi berhasil disita Pasukan dari Satgas Nanggala (Kopassus) dan Satgas Damai Cartenz (Brimob).     

Panglima Komando Gabungan Wilayah (Kogabwilhan) III Letjen TNI Richard TH Tampubolon mengkonfirmasi adanya insiden kontak senjata antara Aparat Keamanan Gabungan TNI-Polri dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua di wilayah Distrik Tembagapura Mimika Papua pada Kamis sore (4/4/2024).

Menurutnya, kontak senjata itu terjadi setelah terdengar suara tembakan di Area Mile 69 Kali Kuluk Tembagapura, yang membuat para pendulang non-karyawan atau masyarakat setempat (OAP/Orang Asli Papua) berlari ketakutan menuju arah Utikini.

Dalam menanggapi situasi tersebut, aparat Keamanan Gabungan TNI-Polri yang terdiri dari Satgas Nanggala (Kopassus), Satgas Damai Cartenz (Brimob) Polri bersama KOOPS HABEMA, segera mendekat ke lokasi kejadian dan terjadi kontak senjata.

Setelah insiden kontak senjata, ditemukan dua orang korban tewas dari pihak KKB Papua, yang diduga salah satunya adalah Abubakar Kogoya, beserta sebuah pucuk pistol. Sementara di pihak Aparat Keamanan Gabungan TNI-Polri tidak ada korban jiwa atau kehilangan senjata.

"Keberhasilan Aparat Keamanan Gabungan TNI-Polri mereduksi kekuatan KKB kali ini merupakan bagian dari upaya untuk menjaga stabilitas keamanan demi lancarnya proses percepatan pembangunan di Papua," ungkap Letjen TNI Richard TH Tampubolon pasca kontak tembak terjadi.

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut