get app
inews
Aa Read Next : Polri Ungkap Faktor Mudik Tahun Ini yang Diprediksi Melonjak Tajam 

Ribuan Umat Muslim Indonesia di Taiwan Mengikuti Salat Id dan Open House KDEI Taipei 

Rabu, 10 April 2024 | 19:33 WIB
header img
Ribuan umat Muslim di Taiwan, merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan penuh harap. Foto ist

TAIPEI, iNewsSukabumi.id- Pada hari ini, Rabu (10/4/2024), umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Taiwan, merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan penuh harap. Berbeda dengan di Indonesia, di Taiwan tidak ada libur nasional untuk Idul Fitri. 

Meskipun demikian, warga Indonesia di Taiwan yang mayoritas Muslim tetap merayakan dengan gembira. Ada sekitar 300 ribu umat muslim, memulai hari dengan Salat Id di 16 lokasi di Taiwan. Meskipun cuaca hujan dan dingin, mereka tetap beribadah dengan tekun. Beberapa lokasi bahkan mengadakan lebih dari satu sesi Salat Id karena jumlah jamaah yang banyak.

Selain itu, Kantor Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei juga mengadakan acara Open House untuk merayakan Idul Fitri. Kepala KDEI Iqbal Shoffan Shofwan menyampaikan, ucapan selamat Idul Fitri dan meminta maaf atas segala kesalahan.

Dia juga menyampaikan bersyukur karena tidak ada korban WNI dalam gempa yang menguncangkan Taiwan pekan lalu, meskipun demikian dia menyampaikan belasungkawa kepada korban. 

"Mari kita menyampaikan rasa empati kita kepada 13 orang warga Taiwan yang tewas dan sekitar 1700 orang mengalami luka ringan dan parah akibat gempa yang menimpa Taiwan sepekan yang lalu, kita sampaikan salam kepada korban, semoga lekas pulih dan keluarga yang ditinggalkan tetap tabah dan terus bersemangat, mari kita sampaikan salam kepada korban gempa yang ada di Hualien,” kata Iqbal dalam pernyataan tertulis yang diterima iNews.id.
 
Pada kesempatan Open House Lebaran KDEI Taipei, kali ini juga diundang 13 anak-anak dari Harmony Home Foundation (Panti Asuhan Harmony Home) Nanggang. Mereka diajak untuk merayakan Idul Fitri bersama dan diberikan hadiah serta THR sebagai ungkapan kebahagiaan.

"Bapak Ibu sekalian, hari ini ada 13 anak-anak kita dari Panti Harmoni yang turut hadir makan-makan bersama kita. Saya tidak yakin apakah apakah mereka bisa berbahasa Indonesia atau tidak? Karena mereka lancar sekali berbahasa Mandarin, dan sepertinya tidak bisa berbahasa Indonesia. Mereka berbagi kebahagiaan dengan kita, maka kita juga berbagi kebahagiaan dengan mereka, dengan yang jilbab nya berwarna kuning ini,” papar Iqbal.

Open House KDEI ini juga diisi dengan karaoke bersama, undian berhadiah dan kegiatan lainnya yang berlangsung dengan penuh kegembiraan.

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut