get app
inews
Aa Read Next : Tarif Airport Tax Naik di 11 Bandara Mulai Hari Ini

Hamad Doha Qatar jadi Bandara Terbaik Nomor 1 di Dunia

Kamis, 18 April 2024 | 14:47 WIB
header img
Lembaga riset penerbangan Skytrax merilis daftar bandara terbaik di dunia tahun 2024. Bandara Internasional Hamad, Doha, Qatar, menduduki peringkat pertama. Foto iNews.id/SM Said

DOHA, iNewsSukabumi.id- Lembaga riset penerbangan Skytrax telah merilis daftar bandara terbaik di dunia untuk tahun 2024. Bandara Internasional Hamad, Doha, Qatar, telah menggantikan posisi Bandara Changi Singapura yang sebelumnya menduduki peringkat pertama pada tahun sebelumnya.

Bandara Changi kini menempati peringkat kedua, diikuti oleh Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan, di peringkat ketiga.

Pengumuman mengenai daftar bandara terbaik dunia versi Skytrax tersebut disampaikan dalam acara penganugerahan 2024 World Airport Awards, yang diselenggarakan dalam ajang Passenger Terminal Expo di Frankfurt, Jerman, pada Rabu (17/4/2024).

Skytrax menentukan bandara terbaik di dunia berdasarkan hasil survei global yang dilakukan dari Agustus 2023 hingga Februari 2024. Pengguna jasa penerbangan diminta untuk memberikan penilaian terhadap berbagai aspek bandara, mulai dari check-in, kedatangan, transit, layanan imigrasi, keamanan, hingga keberangkatan.

Bandara Hamad telah meraih posisi pertama bukan hanya sekali, tetapi sudah yang ketiga kalinya. Bandara ini sebelumnya juga menduduki posisi teratas pada tahun 2021 dan 2022.   

Sementara Bandara Changi mendapar gelar sebagai bandara terbaik pertama pada 2023. Itu merupakan gelar ke-12 yang diraih Changi. 

Seorang juru bicara Changi Airport Group (CAG), dikutip dari The Straits Times, Kamis (18/4/2024), mengatakan pihaknya bangga diakui sebagai bandara terbaik di Asia serta layanan imigrasi terbaik di dunia. 

Berikut 10 Bandara Terbaik di Dunia 2024 versi Skytrax: 
1. Bandara Hamad Doha 
2. Bandara Changi Singapura 
3. Bandara Incheon Seoul 
4. Bandara Haneda Tokyo 
5. Bandara Narita Tokyo 
6. Bandara Charles de Gaulle Paris 
7. Bandara Dubai 
8. Bandara Munich 
9. Bandara Zurich 
10. Bandara Istanbul. 

Sementara itu Soekarno-Hatta (Soetta) berada di posisi ke-28 bandara terbaik di dunia tahun 2024. Soetta merupakan bandara terbaik kedua di Asia Tenggara di bawah Changi. Peringkat Soekarno-Hatta naik signifikan dibandingkan dengan 2023 yang bertengger di posisi ke-43. 

Selain Soetta, Bandara Ngurah Rai Bali juga masuk dalam 100 besar bandara terbaik Skytrax 2024 yakni di peringkat ke-74. Posisi bandara terbaik di Asia Tenggara lainnya adalah Suvarnabhumi Bangkok yakni di posisi ke-58 dan KLIA Kuala Lumpur di posisi ke-71.
 

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut