get app
inews
Aa Read Next : Ditembak Mati Satgas Nanggala Kopassus, Ini Daftar Aksi Keji Abubakar Kogoya Pentolan KKB di Mimika

1 OPM Pelaku Penyerangan Pos Koramil Kisor yang Menyebabkan 4 Anggota TNI Gugur Serahkan Diri 

Kamis, 25 April 2024 | 17:27 WIB
header img
Setam Same salah satu anggota OPM pimpinan Goliath Tabuni yang menyerang Pos Koramil Kisor Tahun 2021 menyerahkan diri. Foto Pen Kogabwilhan III

MAYBRAT, iNewsSukabumi.id - Setam Same salah satu anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Goliath Tabuni yang melakukan penyerangan terhadap Pos Koramil Kisor Tahun 2021  menyerahkan diri, Setam Same menyerahkan diri di Kp Kisor Distrik Aifat Selatan, Kab Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya, Rabu (24/4/2024).

Sebelumnya Setam Same adalah DPO kasus penyerangan Pos Ramil Kisor Tahun 2021 berdasarkan LP  Nomor : LP/157/IX/2021/RES Sorsel tanggal 02 September 2021. Dia ikut menyerang Posramil Kisor tersebut bersama OPM Kelompok Goliath Tabuni sekitar 50 orang sehingga mengakibatkan 4 orang personel TNI AD gugur.

Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa mengatakan, penyerahan Setam Same berawal diterimanya informasi dari masyarakat bahwa ada 2 anggota OPM yang berada di Kp Roma dan Kp Tolak yang salah satunya dalam kondisi sakit atas nama Setam Same.

Selanjutnya  Satgas  Pamtas kewilayahan Yonif 133/YS  memerintahkan 2 Tim Mobile melaksanakan patroli pengintaian di Kp Roma dan Tolak untuk dapatkan keterangan terkait keberadaan 2 orang anggota OPM tersebut.

Pada hari Rabu 24 April 2024 pukul 06.00 WIT, salah satu anggota an Setam Same menyerahkan diri mendatangi Kepala Distrik dan Kadis Pertanahan yang berdomisili di Kp Kisor untuk mencari perlindungan dan menyerahkan diri bergabung kembali ke dalam NKRI, namun satu orang anggata OPM an Simon Fatemte melarikan diri kembali ke hutan Papua.

"Iya benar, saat ini masih berada di Pos Kisor untuk diminta keterangan, selanjutnya diserahkan ke pihak Kepolisian untuk proses lebih lanjut," ujar Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa dalam keterangannya.

Setelah menyerahkan diri yang bersangkutan langsung diberikan pengobatan. "Sudah diberikan bantuan  kesehatan akibat sakit yang diderita Setam Same oleh Dokter Satgas Pamtas kewilayahan Yonif 133/YS," tandasnya.
 

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut