get app
inews
Aa Read Next : Cerai dengan Vicky Prasetyo, Kalina Oktarani Pamer Kemesraan dengan Pacar Baru 

Profil dan Biodata 5 Nahdliyin yang Bertemu Presiden Israel

Selasa, 16 Juli 2024 | 19:40 WIB
header img
Profil dan biodata 5 Nahdliyin yang bertemu Presiden Israel tengah hangat diperbincangkan di media sosial. Foto: NU Online

JAKARTA, iNewsSukabumi.id - Profil dan biodata 5 Nahdliyin yang bertemu Presiden Israel tengah hangat diperbincangkan di media sosial. Pasalnya, hal itu dilakukan saat umat Islam di seluruh dunia mengecam tindakan genosida yang dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina. 

Dimana ke 5 Nahdliyin terlihat berfoto dengan Presiden Israel, Isaac Herzog.  

Dalam foto yang beredar di media sosial, tampak Presiden Israel, Isaac Herzog yang mengenakan setelan jas warna biru dongker duduk dikelilingi oleh lima cendekiawan muda NU tersebut. 

Banyak netizen yang menganggap tindakan kelima anggota Nahdlatul Ulama (NU) itu menghina umat Muslim. Seolah-olah mereka nirempati dengan penderitaan rakyat Palestina. Kelima kader NU tersebut berdasarkan foto yang beredar; Nurul Bahrul Ulum, Izza Annafisah Dania, Dr Zainul Maarif, Munawir Aziz dan Gus Syukron Makmun.
 
Meski mendapatkan kecaman, tak banyak masyarakat yang mengetahui profil dari kelima cendekiawan tersebut. Adapun, kelima kader yang berfoto dengan Presiden Israel berikut ini, Selasa (16/7/2024). 

Profil 5 Nahdliyin Bertemu Presiden Israel


1. Nurul Bahrul Ulum
Nurul Bahrul Ulum diketahui ikut dalam rombongan NU yang melakukan sesi foto dengan Presiden Israel. 

Tentu hal itu sangat disayangkan oleh banyak pihak sebab ia dikenal sebagai perempuan muda NU yang kerap menyuarakan isu-isu gender dan perempuan. 

Melansir akun Linkedin-nya, Nurul Bahrul Ulum selaku alumni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Cirebon ini telah bekerja sebagai Communication Officer di Australia – Indonesia Muslim Exchange Program (AIMEP) dan Australia – Asean Muslim Exchange Program (AAMEP) sejak 2022. 

Nurul kerap menulis di kolumnis laman Mubadalah sejak lima tahun lalu. Wanita berkacamata ini banyak membahas soal isu perempuan. 

Pada salah satu tulisannya, ia ingin menghapus stigma janda di masyarakat Indonesia yang tidak lagi dianggap sebagai beban sosial. 

2. Izza Annafisah Dania 
Izza Annafisah dikenal sebagai salah satu tokoh yang cukup aktif di NU. Ia sempat menduduki posisi penting di Fatayat NU yaitu sebagai Wakoor Bidang Kesehatan. 

Informasi yang didapat dari akun Facebooknya, Izza adalah seorang pemilik atau owner Batik Fashion Nilakandi Premium Brand. Alumni UIN Maulana Malik Ibrahim  dan UII Indonesia ini juga pernah belajar di MAK NURJA.  

3. Dr. Zainul Maarif
Dr. Zainul Maarif dikenal sebagai salah satu cendekiawan Nahdlatul Ulama (NU). Pria berkacamata ini adalah seorang dosen tetap di Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Jakarta. Melansir laman Linkedin-nya, Zainul Maarif sempat mengambil studi Filsafat dan Agama di Al-Azhar University Mesir. Di saat itu, ia turut aktif dalam Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama cabang Mesir serta Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Mesir. 

Setelah lulus dari S1, Zainul menempuh pendidikan S2 Ilmu Filsafat di Universitas Indonesia (UI) dan lulus dengan gelar Magister Humaniora pada 2006. Kini, pria yang mendapatkan gelar Doktor pada 2022 dari Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara itu aktif menjadi narasumber dan membagikan berbagai video kajian di pesantren yang diunggahnya di kanal YouTube pribadinya. 

4. Munawir Aziz
Munawir Aziz merupakan salah satu tokoh NU yang turut bertemu Presiden Israel. Ia tercatat sebagai peneliti Tionghoa dan merupakan dosen tetap UNU Jakarta. 

Menurut berbagai sumber, Munawir yang saat ini menduduki jabatan sebagai Sekretaris Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) United Kingdom atau Inggris Raya ini tengah mempelajari Bahasa Ibrani atau bahasa tertua dunia yang digunakan di kitab suci umat Yahudi.

5. Gus Syukron Makmun
Gus Syukron Makmun diketahui sebagai kader PWNU Banten. Dia juga pernah menjadi wakil ketua PWNU Banten.

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut