Whoosh Catat Rekor! Lonjakan Penumpang Capai 30% di Periode Mudik Lebaran

JAKARTA, iNewsSukabumi.id - KCIC mencatat Pada Jumat (28/3/2025), atau H-3 Lebaran, peningkatan jumlah penumpang di seluruh stasiun Whoosh. Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, kenaikan penumpang diprediksi hingga 20.000 dari rata-rata harian 16.000. "Diperkirakan, jumlah penumpang pada hari ini mencapai 18.000 hingga 20.000 orang, meningkat dibandingkan hari sebelumnya yang berkisar 16.000 penumpang per hari," kata Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis yang diterima iNews, Jumat (28/3/2025).
KCIC, kata Eva, memproyeksikan bahwa selama periode angkutan Lebaran, jumlah penumpang Whoosh akan meningkat hingga 30%, dengan perkiraan mencapai 24.000 penumpang per hari. Sebagai perbandingan, pada hari kerja biasa, jumlah penumpang berkisar antara 16.000–18.000 per hari, sementara pada akhir pekan dapat mencapai 18.000–21.000 penumpang per hari.
"Peningkatan volume penumpang diprediksi mencapai puncaknya pada periode 2 hingga 11 April 2025, khususnya untuk rute keberangkatan dari Halim menuju Bandung dan sebaliknya," timpalnya.
Dia mengimbau para penumpang untuk segera melakukan pemesanan tiket melalui kanal online, seperti aplikasi Whoosh, website ticket.kcic.co.id, Access by KAI, Livin’ by Mandiri, BRImo, Wondr by BNI, Tiket.com, maupun secara offline di loket dan vending machine di stasiun.
"Selama periode angkutan Lebaran, yang berlangsung dari 21 Maret hingga 11 April 2025 (H-10 hingga H+10 Lebaran), KCIC mengoperasikan 1.346 perjalanan kereta dengan total kapasitas mencapai 808.000 tempat duduk," katanya.
Setiap hari, lanjut dia, KCIC menjalankan 62 jadwal perjalanan Whoosh dengan selang waktu (headway) setiap 30 menit. Jumlah ini meningkat 20% dibandingkan dengan periode angkutan Lebaran 2024, di mana KCIC mengoperasikan 52 perjalanan per hari.
"Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan perjalanan, KCIC menugaskan 530 personel keamanan yang tersebar di seluruh stasiun dan jalur kereta. Personel ini merupakan gabungan dari tim keamanan internal KCIC, TNI, dan Polri. Selain itu, KCIC juga menugaskan 50 petugas Passenger Service Mobile yang siap membantu pelayanan penumpang di berbagai stasiun Whoosh," tandasnya.
Editor : Suriya Mohamad Said