get app
inews
Aa Read Next : Adab Suami Istri di Bulan Ramadhan

Jaga Stamina Penuh Energi saat Puasa, Begini Tipsnya

Jum'at, 08 April 2022 | 08:34 WIB
header img
Ilustrasi. Foto: Ist.

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id — Haus dan lelah merupakan salah satu hal yang kerap dikeluhkan sebagian orang saat menjalankan puasa Ramadhan selama kurang lebih 13 - 14 jam. Namun, ada cara yang bisa dilakukan untuk menahannya sehingga puasa tetap berjalan lancar dan sehat.

Ahli Gizi di Klinik Kesehatan Dubai, Sara Abdelghany menjelaskan bahwa ada beberapa makanan yang harus dihindari. Hal tersebut bertujuan agar tetap penuh energi dan mencegah rasa haus saat berpuasa selama Ramadhan.

“Agar tetap berenergi selama jam-jam puasa, sangat penting untuk merencanakan makanan Anda dan membagi kalori yang akan Anda konsumsi menjadi dua hingga tiga kali makan dan camilan per hari," kata Sara dilansir dari Alarabiya.

"Juga sangat penting untuk membuat pilihan yang sehat untuk menghindari rasa lapar, sakit kepala, pusing dan energi rendah," sambungnya.

Lebih lanjut Sara mengatakan bahwa beberapa kategori makanan harus dihindari selama puasa. Ini karena dapat menyebabkan kembung, dehidrasi, dan penambahan berat badan.

“Hindari makan gorengan dan makanan berlemak saat berbuka puasa. Makanan berlemak tinggi akan menyebabkan perut tidak nyaman dan kembung,” kata Sara.

Makanan olahan, seperti sosis dan daging yang dilapisi tepung roti, dan sup siap saji sangat tinggi sodium dan monosodium glutamat. Makanan jenis ini, Sara mengungkapkan bisa menyebabkan rasa haus yang berlebihan.

Selain itu, beberapa minuman yang populer selama bulan suci Ramadhan, seperti jus segar hingga soda, sarat dengan gula, yang akan menyebabkan kenaikan berat badan dan menyebabkan lonjakan kadar insulin.

Meski nikmat dan menyegarkan dikonsumsi saat buka puasa, namun bisa mengakibatkan meningkatnya keinginan untuk mengonsumsi gula dan ngemil berlebihan, serta rasa lapar saat puasa. Sementara beberapa orang suka menikmati makanan manis selama puasa, yang terbaik adalah membatasi jumlah makanan penutup yang dikonsumsi.

"Hindari terlalu banyak makanan manis dan makanan penutup setiap hari. Cobalah untuk membatasi makanan manis, terutama makanan manis Ramadhan yang populer, hingga tiga kali seminggu dan selalu jaga porsinya,” saran Sara.

"Banyak orang akan melewatkan atau mengganti makanan panas dengan yang manis-manis. Itu pasti akan menyebabkan kenaikan berat badan dan meningkatkan rasa lapar karena nutrisi yang terlewat seperti protein dan sayuran,” tambahnya.

Minuman berkafein, seperti kopi dan minuman ringan, harus dihindari karena menyebabkan tubuh kehilangan air dan meningkatkan dehidrasi. Hidrasi adalah kunci selama puasa karena umat Islam pergi berjam-jam tanpa seteguk air.

"Umumnya, kita membutuhkan antara delapan hingga 12 gelas air setiap 24 jam, tergantung pada tingkat aktivitas, usia, dan jenis kelamin kita. Minum seluruh jumlah sekaligus dalam satu hingga dua jam tidak akan membantu. Ginjal kita memiliki kapasitas terbatas untuk menyaring satu liter per jam,” ujar Sara.

Yang terbaik adalah mendistribusikan asupan cairan sepanjang periode antara buka puasa dan sahur. Di mana buka puasa dengan satu hingga dua gelas air dan bertujuan untuk minum satu gelas air setiap jam.

“Hindari menunggu sampai Subuh untuk minum air. Itu mungkin menambah rasa haus keesokan harinya. Juga, overhidrasi tidak dianjurkan karena ini akan menguras potasium dan meningkatkan rasa haus," tandasnya

Cara lain untuk memastikan bahwa berpuasa tetap terhidrasi adalah dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar ke dalam makanan. Keduanya kaya akan air dan tinggi potasium, yang membuat tubuh terhidrasi selama berjam-jam.

Dehidrasi rentan dialami oleh mereka yang berpuasa. Setelah seharian tidak makan dan minum, beberapa orang bisa saja mengalami dehidrasi. Penyebabnya banyak, termasuk aktivitas yang berlebihan selama puasa dan saat sahur tidak mencukupi kebutuhan air secara optimal.

Saat buka puasa, kita diharapkan mengembalikan hidrasi tubuh. Makanya, disarankan untuk buka puasa dengan air putih. Ini diharapkan agar tubuh kembali terhidrasi, baru kemudian makan.

Untuk menghidrasi tubuh usai seharian berpuasa, Anda tak hanya bisa mengandalkan asupan air putih. Dijelaskan Shreela Sharma, profesor dan ahli diet dari UTHealth School of Public Health di Houston, makanan juga bisa mengembalikan hidrasi tubuh.

Jadi, Anda bisa memadukan minum air putih dengan makanan tertentu yang mempunyai manfaat hidrasi yang baik. Dengan mengonsumsi makanan untuk hidrasi, kata Sharma, bukan hanya hidrasi yang dicapai tapi juga pemenuhan gizi tubuh.

"Makanan tidak hanya menghidrasi, tapi juga bergizi dan menyediakan berbagai nutrisi termasuk vitamin dan serat," kata Sharma.

-----------------------------------------
Artikel ini telah diterbitkan SINDOnews.com oleh Wuri Hardiastuti berjudul "Tips Menahan Haus dan Lelah saat Puasa" https://scope.sindonews.com/artikel/175/stamina-tetap-terjaga-saat-puasa
 

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut