Waspada Cuaca Sepekan ke Depan, Angin Kencang dan Hujan Ekstrem Landa Jabar 

Arif Budianto
Ilustrasi cuaca ekstrem yang harus diwaspadai. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNews.id — Wilayah Jawa Barat akan mengalami angin kencang dan hujan ekstrem dalam sepekan ke depan. Kendati sebagian wilayah di antaranya telah memasuki musim kemarau. 

Menurut Kepala Stasiun Klimatologi Jawa Barat Indra Gustari mengatakan, berdasarkan kondisi perkembangan musim hingga akhir Mei 2022, wilayah Jawa Barat bagian utara telah memasuki musim kemarau, sedangkan wilayah Jawa Barat bagian tengah ada indikasi masuk musim kemarau sedangkan bagian selatan masih mengalami musim hujan. 

"Masih ada potensi kejadian curah hujan dengan intensitas sangat lebat hingga ekstrem disertai angin kencang masih tinggi khususnya di wilayah Jawa Barat bagian tengah dan selatan," katanya, Senin (20/6/2022).  

Selain itu, masyarakat juga diminta waspada terhadap peningkatan potensi terjadinya angin puting beliung dan hujan es pada siang hingga sore hari. Kondisi tersebut ditandai dengan pemanasan kuat antara pukul 10.00 hingga 14.00 WIB yang mengakibatkan pembentukan awan konvektif dengan dasar awan yang gelap, puncak awan menjulang tinggi seperti kembang kol dan terkadang memiliki landasan pada puncaknya (awan jenis Cumulonimbus). 

Lebih lanjut dia menjelaskan, pada pertengahan bulan Juni 2022, Nino 3.4 diperkirakan menunjukkan nilai normal  Sehingga kurang signifikan terhadap peningkatan hujan di sebagian besar wilayah Indonesia. MJO saat ini berada pada kuadran 1, hal ini mengindikasikan bahwa MJO dalam kondisi tidak signifikan di Indonesia.  

Namun angin di wilayah Jawa Barat secara umum diperkirakan bertiup dari arah timur hingga tenggara. Sehingga kondisi labilitas atmosfer di wilayah Jawa Barat sepekan ke depan diperkirakan berada pada kategori labil lemah hingga sedang, sehingga masih terdapat potensi pertumbuhan awan konvektif di sebagian wilayah Jawa Barat.  

Editor : Eka L. Prasetya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network