Daihatsu Pamerkan Ayla Listrik di GIIAS 2022 

Dani M Dahwilani
Ubah jantung pacu LCGC, Daihatsu memamerkan Ayla bertenaga listrik di GIIAS 2022. (Foto: iNews.id).

 

JAKARTA, iNews.id —PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memamerkan mobil Ayla bertenaga listrik di GIIAS 2022. Jantung pacu mobil low cost green car (LCGC) tersebut kini berubah bertenaga baterai. Kehadiran mobil konsep konversi Ayla BEV (Battery Electric Vehicle) ini menyita perhatian pengunjung. Apa saja ubahannya? 

Dilihat dari desain, Ayla BEV memiliki karakter unik yang bisa dilihat dari parametric pattern pada bagian bumper depan, warna satine silver pada warna bodi mobil, ditambah dengan aksen electric yellow yang menjadi representasi dari kendaraan listrik. Pada sisi roda, Ayla BEV menyematkan 17 inch Alloy Wheel yang modern.  

Masuk ke interior, terdapat Panel Speedometer TFT 7-inch, serta desain kursi baru yang menambah nuansa kenyamanan, serta kaca spion yang menggunakan layar digital pada sisi kanan-kiri dashboard sebagai penerapan teknologi terkini, serta mendukung aerodinamis pada kendaraan. 

Secara spesifikasi, mobil konsep Ayla BEV menggunakan Electric Motor berdaya 60kW dengan Lithium-ion Battery 32kWh. Menariknya, Ayla BEV dikembangkan engineer lokal dengan melakukan pengembangan pada bagian part tertentu, seperti drivetrain, battery, under body, dan suspension. 

“Daihatsu berkomitmen dalam mengembangkan sumber daya manusia yang kompeten dengan mengirim lebih dari 250 engineer lokal ke Jepang untuk melakukan transfer teknologi dalam menyediakan kendaraan yang paling sesuai untuk pelanggan Indonesia. ‘Dari Indonesia, Untuk Indonesia’ adalah visi utama kami. Daihatsu juga memulai pengembangan Baterai EV di pusat R&D sebagai wujud usaha kami menuju era elektrifikasi,” kata President Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Yasushi Kyoda dalam keterangan pers di GIIAS 2022. 

Daihatsu memilih pengembangan kendaraan listrik menggunakan Daihatsu Ayla sebagai basisnya karena merupakan mobil LCGC pertama yang didesain engineer lokal, dan dibuat di Indonesia. 

Produksi Ayla melibatkan lebih dari 1.000 supplier lokal, serta mencapai kandungan lokal hingga 80 persen. Daihatsu Ayla sendiri sejak kehadirannya pada 2013 hingga Juli 2022 terjual lebih dari 255.000 unit. Mobil ini punya kembaran yaitu Toyota Agya.
 

Editor : Eka L. Prasetya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network