Ribuan Warga Meriahkan Pawai Dongdang, Rayakan Hari Jadi Ke-152 Kabupaten Sukabumi

Eka L Prasetya
Kurang lebih 3.000 warga masyarakat hadir dalam pawai Dongdang, parade makanan hingga hasil bumi yang ditampilkan dalam budaya Sunda. Foto: Pemkab Sukabumi.

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id —Pawai Dongdang menjadi primadona kemeriahan peringatan hari jadi ke-152 Kabupaten Sukabumi, pada Sabtu (17/9/2022). Pawai dimulai dari Grand Lapalma dan finish di Lapangan Parkir Elmitra Selabintana.

 

Dilansir laman Pemkab Sukabumi, kurang lebih 3.000 warga masyarakat hadir dalam pawai parade makanan hingga hasil bumi yang ditampilkan dalam budaya Sunda tersebut. Ada 37 dongdang serta kendaraan hias roda dua dan roda empat dalam kemeriahan acara ini.

Sejumlah warga dari beberapa RW menampilkan kreativitasnya masing-masing dalam menghias kendaraan hingga wadah bawaan dengan pernak pernik yang nyentrik, menarik dan instagramable.

Camat Sukabumi Gin gin Ginanjar Permana S.STP mengatakan, Pawai Dongdang merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-152 Kabupaten Sukabumi yang ditampilkan dari masing-masing desa yang ada di wilayah Kecamatan Sukabumi.

"Masing-masing kelompok warga menampilkan keunikannya dalam menghias apa yang dibawa, ini merupakan salah satu strategi menjaga budaya sunda dan mengenalkannya kepada masyarakat terutama kaum milenial di Kecamatan Sukabumi," kata dia.

Panitia Acara Iwan R Gardika mengatakan, kegiatan tersebut selain untuk menguatkan rasa cinta terhadap Kabupaten Sukabumi juga untuk mengangkat kembali budaya sunda sehingga tetap menjadi idola khususnya di kalangan kawula muda.

">Hari Jadi Kabupaten Sukabumi dimulai lomba gerak jalan santai, kemping gugus tugas Pramuka, penanaman pohon, lomba baris berbaris, lomba dongdang, lomba tumpeng PGRI, dan acara puncaknya tanggal 18 September 2022 (hari ini)," katanya. 

Editor : Eka L. Prasetya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network