Siswa MAN 1 Yogyakarta Diterima Masuk 5 Perguruan Tinggi Ternama di Kanada dan Australia Sekaligus

Erfan Erlin
Siswa MAN 1 Yogyakarta Fadhil Mufti Putra Fatria diterima di lima universitas luar negeri ternama sekaligus. Foto: Ist

YOGYAKARTA, iNewsSukabumi.id - Siswa MAN 1 Yogyakarta Fadhil Mufti Putra Fatria diterima di lima universitas luar negeri ternama sekaligus. 

Fadhil Mufti Putra Fatria siswa kelas 12 MIPA MAN 1 Yogyakarta. Dikutip dari laman Kemenag DIY, Fadhil diterima di lima kampus luar negeri, yakni University of British Columbia, Kanada; Kampus Vancower Prodi Geography of Environment and Sustainability Faculty of Arts University of Toronto, Kanada.

Kemudian Kampus St. George Prodi Environmental Geography Faculty of Arts and Science; Kampus Scarborough Prodi Environmental Geosciences Faculty of Arts and Science University of Sydney Australia

Kampus Darlington/Camperdown Prodi Geography.Faculty of Science Monash University, Australia dan Kampus Clayton, Prodi Geographical Science, Faculty of Science University of Western Australia; dan Kampus Crawley, Prodi Integrated Earth and Marine Science, Faculty of Science. 

“Alhamdulillah, benar-benar tidak menyangka,"ujar dia, Selasa (7/3/2023). 

Namun nampaknya pelajar satu ini lebih memilih ke Kanada ketimbang dengan universitas yang lain.

"Dan saya mantap memilih Faculty of Science di University of British Columbia, Vancouver, Kanada," ujar siswa kelahiran 29 April 2005, yang bercita-cita ingin menjadi Analis Geospasial bidang Meteorologi dan Kartografer itu. 

Dia lebih berminat jurusan tersebut karena banyak materi blok yang sesuai dengan kebutuhannya. la juga tertarik ke Kanada karena ingin mendalami ilmu limnologi (Studi mengenai Danau). Terlebih Kanada kondang dengan jumlah danau yang banyak yang tidak ditemukan di Indonesia. 

Menurut dia, University of British Columbia (UBC) merupakan tempat yang pas karena letaknya yang berada di dekat laut sehingga membuat lebih nyaman. Dan memang agar diterima di beberapa universitas perlu perjuangan khusus.

Untuk mendaftar ke UBC, sebelumnya dia  mengikuti seleksi Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Angkatan 2 Program Persiapan PTLN untuk memfasilitasi keinginannya. Bulan Mei-Juni 2022 adalah periode dimana ia mendaftar BIM. 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network