Objek Wisata di Sukabumi Diserbu Wisatawan, Kendaraan Antre di Exit Tol Parungkuda hingga Cibadak

Dharmawan Hadi
Antrean kendaraan terlihat mulai exit Tol Bocimi di Parungkuda hingga wilayah pusat keramaian di Cibadak saat lebaran hari kedua.

SUKABUMI,iNewsSukabumi.id - Wisatawan yang berasal dari luar kota mulai menyerbu wilayah Sukabumi pada hari kedua lebaran Idul Fitri, Minggu (23/4/2023).Antrean kendaraan mulai exit tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) di Parungkuda hingga wilayah pusat keramaian di Cibadak.
 
Menurut informasi yang didapat dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, hingga pukul 14.00 WIB, terdapat 10.810 kendaraan yang masuk dari wilayah Jabodetabek menuju Sukabumi. Jumlah kendaraan tersebut terus meningkat seiring dengan waktu. Sementara itu, arus lalu lintas dari Sukabumi menuju Jabodetabek terbilang normal, dengan total 4.487 kendaraan yang tercatat oleh Dishub Provinsi Jabar hingga pukul 16.00 WIB. Pemantauan arus lalu lintas dilakukan di jalan arteri dan jalan tol Bocimi.

Beberapa titik kemacetan terjadi, seperti di exit tol Cigombong, Pasar Cicurug, Pasar Parungkuda, exit tol Parungkuda, dan Pasar Cibadak. Kepadatan arus lalu lintas ini disebabkan oleh puluhan ribu kendaraan yang menuju wilayah Sukabumi, yang merupakan akses jalan utama menuju Jabodetabek.

Kasatlantas Polres Sukabumi, AKP Sujana Awin Umar, mengatakan bahwa peningkatan jumlah kendaraan pada hari kedua lebaran ini cukup signifikan, terutama karena adanya wisatawan luar kota yang mengunjungi objek wisata di Sukabumi selama liburan lebaran.
 
"Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan panjang akibat penumpukan kendaraan, Satlantas Polres Sukabumi bersama Dinas Perhubungan, telah melakukan rekayasa lalulintas. Kendaraan arah Kota Sukabumi dari Cibadak diarahkan menuju jalan Nagrak dan keluar dari Karangtengah," kata AKP Sujana.

Kasat Lantas mengatakan, kendaraan wisatawan menuju Pantai Palabuhanratu diarahkan menuju Cibadak-Warungkiara tidak melalui jalan Cikidang. Sementara untuk kendaraan arah Palabuhanratu atau arah pantai Selatan Sukabumi, akan diarahkan dari Cibadak melalui Warungkiara. 

"Untuk jalan Cikidang sendiri, akan digunakan untuk arus balik wisata. Bukan hanya itu, untuk strategi penguraian kemacetan. Maka, di lokasi exit Tol Bocimi Seksi 2, tepatnya dari arah Parungkuda -Bogor, juga dilakukan tutup buka kendaraan. Tujuannya, agar kendaraan dari arteri Cicurug bisa memasuki Kota Sukabumi dan tidak terjadi kepadatan," tandas Sujana.
 

Editor : Suriya Mohamad Said

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network