Delapan Cara Ampuh Merawat Kulit agar Sehat Dan Glowing

Elpha R Noer Abdalia
Ilustrasi : Pixabay

SUKABUMI, iNewsSukabumi - Setiap wanita pasti menginginkan kondisi kulit yang sehat dan glowing pastinya. Salah satunya dengan rutin perawatan menggunakan skincare dan pola hidup yang sehat.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut tips kulit sehat maksimal.

1. Rutin Eksfoliasi

Eksfoliasi kulit sangat-sangat penting untuk tahap awal sebagai pembersihan kulit wajah, karena penumpukan sel kulit mati bisa jadi penyebab terjadinya komedo dan jerawat.

Maka dari itu, lakukan eksfoliasi secara rutin untuk kulit kering bisa 2-3 kali seminggu dan untuk kulit normal to oily bisa lakukan eksfoliasi 3-4 kali seminggu.

Selain dapat membantu regenarasi kulit secara optimal, eksfoliasi kulit juga membantu penyerapan kerja skincare lebih maksimal, juga dapat memperbaiki tekstur kulit secara merata.
Eksfoliasi wajah bisa menggunakan produk dengan ingredients AHA, BHA, dan PHA. Lakukan dengan cara yang tepat agar hasilnya terlihat lebih sempurna.

2. Penggunaan Tabir Surya

Menggunakan tabir surya sangat penting digunakan setiap hari, apalagi jika pada malam hari sudah melakukan eksfoliasi dan menggunakan bahan aktif seperti Retinol, AHA BHA dan PHA, Vitamin C dan lainnya.

Menggunakan tabir surya pun harus benar, gunakn sebanyak 2 ruas jari dan rutin reapply setiap 2-3 jam sekali.

Gunakan 30 menit sebelum keluar rumah, jika aktifitas didalam ruangan cukup gunakan tabir surya dengan SPF 30 PA+++, dan jika beraktifitas diluar ruangan wajib gunakan SPF 50 PA++++.

Gunakan tabir surya yang sesuai dengan jenis kulit agar tidak menimbulkan efek buruk pada kesehatan kulit.

3. Double Cleansing

Selalu lakukan double cleansing sebelum menggunakan skincare. Apalagi pengguna make up setiap hari sangat wajib hukumnya jika ingin benar-benar melakukan perawatan kulit sehat dan glowing.

Hanya mencuci wajah dengan facial wash saja tidak cukup, karena bisa jadi make up masih menempel dan meninggalkan sisa kotoran di wajah dan jika dibiarkan akan menjadi penumpukan sel kulit mati yang menyebabkan terjadinya jerawat.

Sebelum mencuci wajah, bisa bersihkan dahulu menggunakan lotion pembersih wajah atau micellar water, cleansing balm, atau sejenis lainnya.

Lalu setelah itu bisa lanjut menggunakan facial wash yang sesuai dengan jenis kulit.

4. Skincare

Penggunaan skincare bisa dari basic dan harus sesuai dengan jenis kulit. Basic skincare seperti facial wash, toner, serum, pelembab.

Jika dirasa skincare tidak cocok dan menimbulkan iritasi atau malah berjerawat, jangan lanjut dipakai karena hanya akan memperparah kondisi kulit wajah. Segera ganti dengan skincare yang benar-benar cocok dan aman.

Penggunaan skincare dengan rutin bisa membantu merawat kulit wajah, melembapkan, mencerahkan, meratakan warna kulit, dan membuat kulit wajah terlihat lebih sehat.

Harus selalu ingat, tidak semua skincare bisa digunakan  di siang hari seperti kandungan Retinol, kandungan Vitamin C yang tidak dapat gabung dengan bahan aktif Niacinamide, toner atau serum atau apapun yang bersifat eksfoliasi kecuali jika produk sudah mengklaim dapat digunakan di siang hari.

Perhatikan selalu cara pemakaian produk agar bisa bekerja secara maksimal disetiap step penggunan skincare.

5. Minum Air Putih

Minum air yang cukup sangat membantu menjaga kesehatan tubuh, termasuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Jika tubuh dehidrasi karena kurangnya minum air putih, kulit wajah pun akan terlihat dehidrasi.
Ciri-ciri kulit wajah dehidrasi yaitu kulit terasa kering dan tertarik, timbul kemerahan, iritasi, gatal, mudah berjerawat, dan keriput diarea mata, area dahi, dan small line lainnya.

Maka dari itu, konsumsi air putih secukupnya sangat membantu menjaga kesehatan tubuh dan wajah.
Selain menjaga kelembapan dan menjaga elastistas kulit, mencegah penuaan dini, menjaga keseimbangan pH kulit, perbanyak minum air putih bisa mengurangi keriput pada wajah.

6. Pola Makan Sehat

Menjaga pola makan sehat sangat membantu kesehata pada kulit wajah. Kurangi makan makanan berminyak, makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung, junk food, makanan pedas, dan makanan bersantan.

Konsumsi makanan sehat seperti sayuran, dan buah yang cukup akan membuat kulit wajah terlihat lebih segar dan berseri.

7. Pola Hidup Sehat

Tips untuk terlihat kulit wajah terlihat sehat, kenyal, dan glowing salah satunya dengan menjaga pola hidup sehat.

Dengan rutin berolahraga, tidak merokok, jadwal tidur teratur dan hindari bergadang, mampu mengimbangi rasa stress dengan membahagiakan hati dan diri sendiri termasuk cara untuk membuat kulit wajah terlihat lebih sehat.

8. Me Time

Luangkan waktu untuk diri sendiri agar bisa tetap terlihat fresh.

Tidak hanya melakukan perawatan khusus untuk wajah, tapi sekedar pergi ke salon, pergi ke tempat spa, atau ketempat favorit, sekedar baca buku, atau menghabiskan waktu bersama teman bisa jadi jalan alternative untuk membuat kesenangan pada diri sendiri. Itu sangat penting

Editor : Toni Kamajaya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network