Profil dan Biodata Kol Inf Nur Wahyudi Komandan Upacara 17 Agustus di IKN, Dansat 81 Kopassus

Rizky Darmawan
Kolonel Inf Nur Wahyudi yang merupakan Dansat 81 Kopassus ditunjuk sebagai Komandan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Foto Youtube Sekretariat Presiden

IKN, iNewsSukabumi.id- Profil dan Biodata Kolonel Inf Nur Wahyudi yang merupakan Dansat 81 Kopassus ditunjuk sebagai Komandan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. 

Sedangkan untuk cadangan Komandan Upacara dipegang oleh Kolonel Penerbang Lucky Indrawan, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Operasi Lanud Suryadarma. 

Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di IKN. Sementara wakilnya, Ma'ruf Amin menjadi Irup dalam  peringatan HUT RI di Istana Merdeka Jakarta. 

Profil Kolonel Inf Nur Wahyudi 

Kolonel Inf Nur Wahyudi adalah lulusan Akademi Militer (Akmil) pada tahun 2001. 

Dia merupakan Perwira Menengah (Pamen) TNI yang massa tugasnya dihabiskan di  korps baret merah. 

Pada masa awal kariernya, Nur Wahyudi berdinas di Grup 1 Serang/Parako (Kopassus) selama 2 tahun. Lalu saat perwira pertama Nur Wahyudi menempuh pendidikan antiteror di Jakarta. 

Setelah lulus pendidikan tersebut Nur Wahyudi kemudian berpindah tugas bagian intelijen ke Grup 3/Sandhi Yudha pada 2012. 

Hingga 2015, lalu menyelesaikan pendidikan di Bandung dan kembali ke Grup 1 Para Komando di Serang Banten. Kariernya dan pangkatnya naik menjadi Mayor kemudian menjabat sebagai Komandan Batalyon (Danyon) 12 Grup 1 Kopassus/Para Komando di Serang. 

Saat berpangkat Letnan Kolonel, Nur Wahyudi dipercaya sebagai Dandim 0603/Lebak. 
 
Nur Wahyudi mempunyai istri yang bernama Juliana Moechtar. Istrinya ini adalah istri mendiang Herman Seventeen yang meninggal dunia dalam musibah tsunami Banten pada akhir 2018.

Selain tugas di dalam negeri Nur Wahyudi juga mempunyai pengalaman saat bertugas di Lebanon. Nur Wahyudi tergabung dalam pasukan PBB Satuan Tugas Unifil yang bertugas di Lebanon.  
 

Editor : Suriya Mohamad Said

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network