Titik Pusat Gempa Bandung Dekat dengan Jalur Kereta Cepat, 16 Perjalanan Kereta Whoosh Dibatalkan

Binti Mufarida
Sebanyak 16 perjalanan Kereta Whoosh dibatalkan imbas gempa dengan kekuatan Magnitudo M5,0 yang melanda Kabupaten Bandung. Foto PT KCIC

SOREANG, iNewsSukabumi.id- Sebanyak 16 perjalanan Kereta Whoosh dibatalkan imbas gempa dengan kekuatan Magnitudo M5,0 yang melanda Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/9/2024). Pembatalan 16 perjalanan Kereta Cepat oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyusul imbas Gempa bumi yang melanda wilayah Kabupaten Bandung 

“Secara total terdapat 16 perjalanan Kereta Whoosh yang dibatalkan dengan relasi 8 perjalanan relasi Halim - Tegalluar dan 8 perjalanan lainnya relasi Tegalluar – Halim,” kata Corporate Secretary PT KCIC, Eva Chairunisa dalam keterangan resminya.

Eva mengungkapkan pembatalan perjalanan dikarenakan titik pusat gempa cukup berdekatan dengan jalur kereta cepat. Meski begitu, pada saat kejadian sistem pendeteksi gempa yang terpasang di jalur rel dan sarana Whoosh berfungsi dengan baik, getaran bahkan terdeteksi hingga wilayah karawang.

“Berdasarkan informasi dari BMKG terjadi 8 kali gempa susulan dengan kekuatan yang berbeda. Atas kondisi tersebut, untuk keselamatan dan keamanan perjalanan kereta maka tim prasarana KCIC langsung melakukan pemeriksaan keseluruhan pada prasarana kereta cepat Whoosh menggunakan Rail Car atau kereta perawatan,” timpalnya.

Lebih lanjut, Eva mengatakan meskipun konstruksi prasarana jalur kereta cepat Whoosh tahan terhadap gempa hingga kekuatan 8 skala richter namun dikhawatirkan ada kondisi eksternal yang berdampak pada jalur kereta Whoosh, seperti potensi longsor di area luar jalur, pohon tumbang ataupun pergerakan kondisi tanah di luar jalur rel atau dampak alam lainnya.

Pemeriksaan menyeluruh dilakukan untuk semua Jalur sepanjang 144 Km dengan kondisi jalur yang sebagian besar melalui area perbukitan, adapun area pemeriksaan meliputi struktur jembatan dengan total panjang 82 km, 13 terowongan dengan total panjang 17 km, dan jalur KA diatas tanah sepanjang 42 km.

Eva memastikan berdasarkan pantauan awal di OCC ( Operation Controll Center) Tegalluar atas semua sensor yang terpasang dan visualisasi dari pantauan 1.399 CCTV yang tersebar di semua jalur, sampai dengan saat ini tidak terlihat kerusakan di Prasarana jalur kereta cepat Whoosh. “Pantauan terkini diprogramkan kereta dapat mulai berjalan pada pukul 15.00 WIB,” katanya.

Eva menegaskan untuk masyarakat yang sudah membeli tiket dan terdampak pembatalan jadwal dapat melakukan proses pembatalan dengan bea tiket yang akan dikembalikan 100 persen dengan jangka waktu pengembalian maksimal 1x24 jam sejak proses pembatalan dilakukan.

“Proses pembatalan dapat dilakukan di seluruh loket Stasiun Whoosh Halim, Padalarang, Tegalluar Summarecon dan Hall KA Feeder Stasiun Bandung. Pembatalan dapat dilakukan hingga 3 hari setelah jadwal keberangkatan, pengguna yang tidak menunggu disarankan dapat melanjutkan perjalanannya menggunakan moda lain dan melakukan proses pembatalan di hari selanjutnya,” tandasnya. 

Editor : Suriya Mohamad Said

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network