Rest Area Buka Tutup Selama Mudik Lebaran

Abdullah M Surjaya
Rest Area di jalan tol bisa menjadi salah satu titik kemacetan mudik Lebaran tahun ini. Foto: SINDOnews.com

JAKARTA, iNewsSukabumi.id — Setelah 2 tahun masa pandemi dilarang mudik, maka tahun 2022 ini diperkirakan arus mudik Lebaran bakal meningkat pesat. Salah satu penyebabnya keberadaan tempat istirahat atau Rest Area yang penuh membuat padat arus lalu-lintas di tol. 

Mengantisipasi hal tersebut, PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah mempersiapkan beberapa skema mengatasi kepadatan lalu lintas di tol saat mudik. 

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, salah satu antisipasi kepadatan di rest area yaitu memberlakukan buka tutup, ketika kondisi rest area sudah melebihi kapasitas. 

”Kami juga akan memberlakukan buka tutup jika sudah terlalu penuh rest area di satu titik, kita akan tutup dan kita arahkan ke rest area berikutnya,” kata Heru dalam keterangannya, Sabtu (16/4/2022), dilansir SINDOnews.com 

Tak hanya itu. Jasa Marga juga akan menerapkan beberapa kebijakan di rest area yang akan dikordinasikan dengan pihak kepolisian untuk menghindari kepadatan dengan memberlakukan batas waktu bagi pemudik di rest area maksimal 30 menit. 

“Kita juga imbau pengguna jalan yang menggunakan rest area untuk membatasi waktunya, karena nanti akan ada semacam pembatasan waktu, bukan untuk apa-apa, tapi biar supaya terjadi giliran, dengan pengguna jalan yang lainnya,” ucapnya. 

Selain itu, melakukan penambahan fasilitas peturasan atau toilet portable, ketersediaan air bersih, penambahan petugas kebersihan dan keamanan, dan memastikan ketersediaan BBM, bengkel, layanan top up juga dilakukan untuk mendukung kelancaran mudik tahun 2022 ini.

 

Editor : Eka L. Prasetya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network