Mudik Lebaran, Begini Simulasi Ganjil-Genap di Tol Cikampek

Jonathan Simanjuntak
Ganjil genap di Tol Cikampek. Foto: Okezone.com

 

CIKAMPEK, iNews.id — Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri melakukan uji coba rekayasa lalu lintas dengan skema ganjil-genap. Rekayasa lalu lintas dilakukan sejak KM 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, di Kabupaten Karawang.

Penyekatan ganjil-genap ini dilakukan sejak pukul 11.00 WIB hari ini, Selasa (26/4/2022). Ketika memasuki jam uji coba rekayasa, petugas pengamanan yang terdiri dari Polri dan petugas Jasa Marga langsung membagi ruas jalan menjadi dua bagian.

Adapun kendaraan yang boleh melintas merupakan kendaraan berpelat nomor genap. Sementara kendaraan berpelat ganjil dipandu untuk keluar jalan tol menuju Jalan Internasional Karawang Barat.

Di lokasi, akibat adanya pembatasan kendaraan ganjil-genap sempat menimbulkan kepadatan. Sejumlah kendaraan terlihat harus berpindah ruas jalan.

Tak sedikit kendaraan berpelat ganjil yang melintas di ruas kanan jalan. Padahal, ruas kanan jalan kali ini diperuntukkan bagi kendaraan berpelat nomor genap untuk terus melintas. Kendaraan yang salah ruas jalan itu pun harus berpindah ke ruas sebelah kiri untuk dipandu keluar tol.

Tak hanya mobil pribadi, polisi juga melakukan penyaringan terhadap kendaraan truk besar yang tidak sesuai pelat nomornya. Sementara arus siang ini juga terlihat dipenuhi sejumlah truk.

Untuk diketahui, uji coba rekayasa lalu lintas akan terus dilakukan hingga Rabu (27/4/2022). Simulasi uji coba dilakukan guna mempersiapkan kelancaran arus jalan Tol selama masa mudik lebaran.

"Kami akan melakukan uji coba mulai Senin hingga Rabu mendatang di Tol Cikampek. Sebagai upaya menjaga keamanan, keselamatan, kelancaran, dan kenyamanan masyarakat yang akan melaksanakan mudik," kata Kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi.

Sementara lokasi simulasi ganjil genap di Tol Cikampek di antaranya:

1. Untuk hari Senin, 25 April sejak pukul 11.00 WIB-13.00 WIB dari Tol Cikampek KM47, sampai gerbang Tol Cikampek Utama KM 70

2. Hari Selasa, 26 April sejak pukul 11.00-13.00 WIB dari Tol Cikampek Km 47 sampai dengan gerbang Tol Palimanan Km 188,

3. dan Rabu, 27 April sejak pukul 10.00-17.00 WIB dari Tol Cikampek KM 47 sampai dengan gerbang Tol Kalikangkung KM 414

Editor : Eka L. Prasetya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network