Cegah PMK, 2 Truk Pengangkut 18 Sapi asal Magelang Ditolak Masuk Sukabumi

Agus Warsudi
Petugas Polsek Sukalarang menghentikan truk pengangkut belasan sapi asal Magelang yang tidak dilengkapi surat kesehatan hewan. Foto: Humas Polda Jabar.

 

SUKABUMI, iNews.id — Petugas Polsek Sukalarang memberhentikan dua unit pengangkut 18 ekor sapi asal Magelang, Kamis (19/05/2022). Tindakan tegas ini dilakukan lantaran sopir tidak membawa surat kesehatan hewan.

Kapolres Sukabumi Kota Polda Jabar AKBP SY Zainal Abidin melalui Kapolsek Sukalarang AKP Asep Jenal Abidin mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya pencegahan Polres Sukabumi Kota dalam mencegah penyebaran virus penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak. 

"Hari ini, saat petugas melakukan kegiatan yang berpusat di Pos Pengamanan Sukalarang, didapati ada dua unit truk yang mengangkut belasan ekor sapi yang hendak dikirimkan ke wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi. Dalam kegiatan tadi kami dibantu oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kota dan Kabupaten Sukabumi," kata Kapolsek Sukalarang. 

Berdasarkan keterangan sopir truk, ujar AKP Asep Jenal Abidin, ternak sapi tersebut hanya dilengkapi surat pengelolaan pasar dari Pemerintah Desa Semampiran, Kabupaten Magelang. "Jadi tadi saat dilakukan pengecekan, tidak didapati surat keterangan kesehatan hewan," ujar AKP Asep Jenal Abidin. 

Atas temuan tersebut, tutur Kapolsek Sukalarang, petugas Polres Sukabumi Kota berkoordinasi dengan dinas terkait, yang kemudian mengeluarkan surat penolakan pengiriman hewan ternak asal Magelang itu. 

"Truk tersebut akan diputar balik ke daerah asal di Magelang," tutur Kapolsek Sukalarang. Sampai sat ini, kasus PMK belum ditemukan di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. Namun, kewaspadaan tetap ditingkatkan guna mencegah wabah PMK terjadi di Kota dan Kabupaten Sukabumi. 

"Kami mengimbau kepada masyarakat, agar tidak terlalu panik terhadap penyakit yang menyerang hewan ternak ini. Karena Polres Sukabumi Kota secara rutin akan melakukan upaya pencegahan penyebaran virus PMK pada hewan ternak," kata AKP Asep Jenal Abidin.

Editor : Eka L. Prasetya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network