Tukang Becak Ini Ajak Istri Naik Haji Berkat Nabung Puluhan Tahun

Nur Khabibi
Tukang becak di Majalengka, Eme Karma Ardali (62) mengajak istrinya Icih Salsih Surya (57) naik haji setelah menabung selama bertahun- tahun. Foto: Kemenag.

 

JAKARTA, iNews.id — Kisah motivasi dan mengharukan ini datang dari pasangan Eme Karma Ardali (62) dan Icih Salsih Surya (57). Sang suami, Eme sehari-hari bekerja sebagai tukang becak. Dia berhasil mengajak istrinya naik haji setelah menabung selama puluhan tahun. Eme menarik becak di daerah Majalengka, Jawa Barat. Setiap harinya, dia mangkal di depan Kantor Pos Kadipaten Majalengka. 

Pasangan suami-istri tersebut, terdaftar sebagai calon haji asal Jawa Barat yang tergabung dalam kelompok terbang JKS 11. 

Mereka mendaftar pada tahun 2012 lalu. Eme mengatakan, uang yang digunakan untuk mendaftar haji merupakan tabungan yang mereka sisihkan selama puluhan tahun dan disimpan di rumah. 

"Alhamdulillah tukang becak bisa berangkat haji karena ada panggilan gusti Allah," kata Eme yang dikutip dari laman resmi Kemenag, Senin (13/6/2022). 

Dia menyebutkan, sebagai tukang becak, pendapatannya paling besar Rp50.000. Dari uang tersebut sebagian untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dan sisanya untuk ditabung. 

"Dapat Rp50.000, Rp20.000 dipakai untuk kebutuhan," katanya. Eme dan Icih seharusnya bertolak ke Jeddah pada 2020 lalu. Namun, akibat pandemi, keberangkatan keduanya terpaksa ditunda. Tahun ini, mereka lega karena masih diberi kesempatan beribadah haji.  

"Rasa bahagia dan lega. Bahagia luar biasa karena ada panggilan haji ini," ucap Eme dalam Bahasa Sunda. Keduanya berharap dapat menunaikan ibadah haji dengan hikmat dan selamat. Di Tanah Suci nanti, mereka juga akan berdoa bagi ketiga anaknya agar selamat, panjang umur, dan sukses.
 

Editor : Eka L. Prasetya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network