get app
inews
Aa Read Next : Kemenhub Minta Maskapai Sediakan Tiket Pesawat Terjangkau 

Catat! Rute Baru Wings Air dari Bandara Pondok Cabe ke 4 Kota di Pulau Jawa 

Sabtu, 18 Juni 2022 | 06:00 WIB
header img
Wings Air segera buka rute baru dari Bandara Pondok Cabe ke 4 kota di Pulau Jawa. Foto: Ist.

JAKARTA, iNews.id — Maskapai penerbangan anak usaha Lion Air yakni Wings Air akan membuka rute baru dari Bandara Pondok Cabe di Jakarta ke empat kota di Pulau Jawa. Empat kota tersebut, yakni Tasikmalaya, Purbalinga, Cepu Blora, dan Sumenep.  

Corporate Communications Strategic of Wings Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, pembukaan rute baru ini sebagai bagian upaya mendukung pergerakan pemulihan perekonomian dan aktivitas ekonomi serta mempermudah aksesibilitas masyarakat, pebisnis, wisatawan dan logistik.  

"Upaya mendukung pemulihan ekonomi tersebut melalui rencana  membuka jalur udara atau melayani penerbangan penumpang berjadwal (regular flight) di wilayah bagian Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru," kata Danang dalam keterangannya, Jumat (17/6/2022).  

Sementara tujuan rute baru Wings Air, yakni Bandar Udara Wiriadinata di Tasikmalaya, yang akan membantu dalam memenuhi kebutuhan angkutan udara wilayah di jalur utama selatan Pulau Jawa di Provinsi Jawa Barat, antara lain Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Banjar, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Garut, Kabupaten Kuningan dan daerah lain di sekitarnya. 

Selain itu, Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga, yang akan mengakomodir area Jawa Tengah bagian barat Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas (Purwokerto), Kabupaten Pemalang, Kabupaten Banjarnegara, Kebumen dan daerah lain di sekitarnya. Selanjutnya Bandara Ngloram, Cepu Blora, yang meliputi area Jawa Tengah bagian timur di Kabupaten Blora, Kabupaten Bojonegoro, sebelah barat dengan Kabupaten Grobogan (Kota Purwodadi), sebelah utara dengan Kabupaten Pati dan Kabupaten Rembang serta menjangkau Tuban, Ngawi Jawa Timur dan sekitar. 

Kemudian, Bandara Trunojoyo, Sumenep, yang akan meningkatkan lalu lintas udara dari dan ke Pulau Madura, Jawa Timur. Pulau Madura terdiri dari empat kabupaten, yaitu Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep serta membuka kemudahan akses pulau-pulau yang ada di sekitarnya meliputi Gili Pandan, Pulau Bawean dan Pulau Pagerungan serta lainnya. 

"Pembangunan bandar udara tersebut sebagai gerbang konektivitas telah menunjukkan peran penerbangan sangat dibutuhkan dan manfaatnya yang besar dapat dirasakan langsung oleh masyarakat," ujarnya. 

Wings Air akan terbang langsung dari kota asal Jakarta dan sekitar melalui Bandara Pondok Cabe di Tangerang Selatan (PCB) ke rute baru tersebut. 

Menurutnya, Bandara Pondok Cabe yang memiliki lokasi strategis akan menawarkan kemudahan perjalanan udara bagi pebisnis dan wisatawan yang berasal dari kawasan Jakarta bagian selatan, Jakarta bagian timur, Tangerang Selatan, Depok, Bogor, Bekasi, serta area sekitar. 

Danang menuturkan, rencana pembukaan jaringan penerbangan yang dikembangkan di Pondok Cabe, Tasikmalaya, Purbalingga, Cepu Blora dan Sumenep sejalan program pemerintah dalam mengembangkan Simpul Transportasi Udara dan Titik-Titik Ekonomi Baru, yang berdampak positif terhadap kelancaran mobilitas masyarakat dan barang, memacu pertumbuhan ekonomi daerah serta mengembangkan potensi bisnis, wisata, pendidikan, ekonomi kreatif. 

Dia berharap, rute baru menuju kota tujuan tersebut akan memberikan nilai lebih bagi masyarakat, wisatawan dan pebisnis akan semakin memperpendek jarak antardaerah, mempersingkat waktu perjalanan, dan menawarkan pilihan koneksi lebih cepat ke destinasi baru. 

Di samping itu, menarik kunjungan pebisnis dan wisatawan ke Tasikmalaya di Jawa Barat; Purbalingga dan Cepu Blora di Jawa Tengah; Sumenep di Madura, Jawa Timur serta Jabodetabek. 
Sementara dalam memperlancar rencana operasional, kata Danang, Wings Air sedang mempersiapkan rencana pelaksanaan uji coba terbang awal (route evaluation), simulasi rute dan jadwal layanan keberangkatan serta jadwal kedatangan, dokumen dan perizinan. Dia menambahkan, Wings Air memperkuat keamanan dan kenyamanan penerbangan dengan mengoperasikan pesawat baru berteknologi modern jenis ATR 72-600 atau ATR 72-500 serta peralatan pendukung pesawat ketika di darat (ground service equipment), selalu meningkatkan keterampilan awak pesawat, teknisi, flight operation officer (FOO) dan petugas layanan darat (ground staff). 

"Wings Air mengucapkan terima kasih atas inisiasi dimulainya kerja sama dari pemerintah daerah, pemerintah pusat, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara AirNav Indonesia dan pihak terkait yang mendukung penuh rencana operasional sehingga masyarakat, wisatawan dan pebisnis semakin mudah bepergian dari dan menuju kota tujuan yang sedang dipersiapkan serta daerah di sekitarnya," kata Danang.
 

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut