Logo Network
Network

Ini Dia Mahasiswa Termuda UGM, Usianya Baru 15 Tahun 

Kuntadi
.
Selasa, 02 Agustus 2022 | 15:00 WIB
Ini Dia Mahasiswa Termuda UGM, Usianya Baru 15 Tahun 
Raja Muhammad Hayuri Islami menjadi mahasiswa termuda Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2022. Foto: Istimewa.

YOGYA, iNews.id —Raja Muhammad Hayuri Islami menjadi mahasiswa termuda Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2022. Mahasiswa asal Pekanbaru, Riau ini diterima di Fakultas Filsafat dengan usia 15 tahun 11 bulan.   ”Saya bangga dan senang bisa masuk di UGM,” kata dia saat diminta maju ke panggung untuk bertemu Rektor UGM Ova Emilia dan Gubernur DIY Sri Sultan HB X pada Upacara Penerimaan mahasiswa Baru di Lapangan Grha Sabha Pramana, Senin (1/8/2022).   

Raja mengaku, saat masuk ke SD usianya baru lima tahun. Dia didaftarkan di sekolah dan menjadi yang paling muda. Namun teman-temannya tidak tahu karena postur tubuhnya setara dengan teman-temannya.    

Meski menjadi yang termuda, di bangku SD, Raja selalu berprestasi. Dia selalu berada di ranking tiga besar di kelasnya.  “Sejak SD tidak terlalu terganggu, tidak ada yang peduli dengan usia saya yang muda tidak ada yang terlalu memperhatikan,” katanya.   

Ketika duduk di bangku SMP, prestasi Raja sempat merosot dan tidak masuk dalam ranking. Saat di bangku MAN, Raja kemudian ikut mendaftar program akselerasi dan diterima di kelas IPS. Di kelas itu hanya tujuh orang siswa yang ikut program akselerasi sehingga Raja bisa menyelesaikan bangku MAN Negeri 2 Pekanbaru dalam waktu dua tahun.  

“Karena program akselerasi, kami diharuskan untuk belajar dan memahami lebih cepat dari siswa yang lain. Saya di program itu tidak ikut ekstrakurikuler atau organisasi,” katanya. Selama di program akselerasi, ia tidak memikirkan soal rangking. Namun untuk pelajaran seperti sosiologi, ekonomi, sejarah dan geografi ia mendapat nilai akademik yang cukup baik. 

“Untuk mata pelajaran paling tinggi nilai sosiologi,” ujarnya. Raja mengaku tertarik dengan filsafat saat berada di kelas X SMA. Di kerap membaca buku filsafat dan juga di internet.  

“Sejak kecil sering menggunakan logika filsafat berarti selama ini saya menerapkan nilai-nilai filsafat,” kata Raja yang ingin melanjutkan ke jenjang S2 di jurusan yang sama.  

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.