Logo Network
Network

Dirut Bio Farma Pastikan Harga Vaksin Indovac Rp100.000 Per Dosis 

Suparjo Ramalan
.
Selasa, 23 Agustus 2022 | 08:00 WIB
Dirut Bio Farma Pastikan Harga Vaksin Indovac Rp100.000 Per Dosis 
Bio Farma mematok harga vaksin BUMN atau vaksin Indovac Rp100.000 per dosis. (Foto: Ilustrasi/Ist).

 

JAKARTA, iNews.id —Direktur Utama PT Bio Farma (Persero), Honesti Basyir, memastikan harga vaksin BUMN atau vaksin Indovac dipatok Rp100.000 per dosis.  

"Harga nanti mungkin akan kita usahakan di bawah Rp100.000 ya karena memang prosesnya itu 80 persen dilakukan di Indonesia," ujar Honesti saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (22/8/2022). 

Meski akan berbayar, vaksin Covid-19 hasil produksi Holding BUMN Farmasi ini, pada tahap awal penggunaannya, diberikan secara gratis. Honesti menyebut vaksinasi secara cuma-cuma lantaran menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).  Meski begitu, vaksin akan kembali dijual pemerintah bila status pandemi sudah dicabut pemerintah. Honesti menyebut, jika tidak dibiayai APBN, maka vaksin Indovac seperti vaksin flu lainnya yang berbayar. 

"Kalau tahun depan enggak ada lagi, pandemi ini cabut, masuk ke endemi ya kayak vaksin flu aja, jadinya berbayar. Tapi sekarang masih fokuskan program pemerintah," kata Honesti. Dia mengungkapkan, penggunaan vaksin Indovac diperuntukkan untuk booster atau vaksinasi ketiga pada orang dewasa. 

Selain itu, untuk booster anak, dan primary untuk anak. "Dan Itu gratis, pemerintah yang bayar. Jadi dibayar APBN, masyarakat menikmati," ungkap Honesti. 

Saat ini uji klinis vaksin masuk pada tahap III. Proses ini ditargetkan selesai pada Juli 2022 dan selanjutnya akan menerima emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Vaksin ini merupakan hasil kerja sama antara Holding BUMN Farmasi dengan Baylor College of Medicine.

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News

Bagikan Artikel Ini