get app
inews
Aa Read Next : Miris! Investasi Apple di Indonesia Cuma Rp1,6 T Padahal di Vietnam Bisa Tembus Rp225 Triliun

5 Masjid Terbesar di Indonesia, Ada yang Kubahnya Berlapis Emas

Sabtu, 17 September 2022 | 05:00 WIB
header img
Masjid terbesar di Indonesia, Masjid Dian Al Mahri atau Masjid Kubah Emas. Foto: Istimewa.

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id —Masjid-masjid ini menjadi ikon di daerahnya. Berikut ini masjid terbesar yang tersebar di sejumlah wilayah nusantara. Memiliki bangunan yang megah, halaman yang luas, dan desain arsitektur yang menawan. 

 

1. Masjid Istiqlal 

Masjid Istiqlal yang berada di Jakarta ini merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid ini memiliki bangunan yang megah dengan luas lebih 9,5 hektare dan memiliki kubah utama berdiameter 45 meter dengan 12 pilar besar dan 5.138 tiang pancang, menara setinggi 90 meter yang dibuat dari marmer setinggi 66,66 meter dan menara baja anti karat 30 meter. Masjid yang mampu menampung 200 ribu jamaah ini digagas oleh Presiden Soekarno pada 24 Agustus 1951.  

2. Masjid Kubah Emas 

Masjid Dian Al Mahri atau biasa disebut Masjid Kubah Emas merupakan sebuah masjid yang dibangun di tepi jalan Raya Meruyung, Limo, Depok di Kecamatan Limo, Depok. Selain untuk tempat ibadah umat muslim, masjid ini juga menjadi kawasan wisata keluarga dan menarik perhatian banyak orang karena kubah-kubahnya yang dibuat dari emas. 

Masjid ini dibangun oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid yang merupakan pengusaha asal Banten, ia telah membeli tanah sejak tahun 1996. Masjid ini mulai dibangun sejak tahun 2001 dan selesai sekitar akhir tahun 2006. Dengan luas wilayah 5 hektare, masjid ini menempati luas area sebesar 60 x 120 meter atau sekitar 8000 meter persegi. 

Masjid ini dapat menampung sekitar kurang lebih 20.000 jamaah. Itu dia deretan masjid terbesar di Indonesia. Tidak hanya menjadi yang terbesar, masjid-masjid di atas juga memiliki keunikan dan ciri khas yang menjadikan masjid tersebut ikonik. 

3. Masjid Islamic Center  

Masjid Islamic Center memiliki menara setinggi 99 meter dan memiliki 15 lantai dengan ketinggian masing-masing lantai rata-rata 6 meter dengan kubah yang sangat besar.  Area parkir masjid ini mampu menampung sebanyak 590 mobil dan 800 sepeda motor. Masih di area parkir, sudah disediakan toilet untuk pria dan wanita khusus para jamaah. Masjid yang memiliki luas 43.500 meter persegi ini mampu menampung 10.000 jamaah. 

4. Masjid Raya Baiturrahman  

Mulai dibangun sejak masa Kesultanan Aceh tahun 1612, masjid Raya Baiturrahman ini sangat ikonik karena mirip Taj Mahal di India.  Masjid ini memiliki bangunan yang sangat kokoh, bahkan tetap bertahan saat diterjang tsunami dahsyat yang melanda bumi Serambi Makkah pada 2004 silam. Masjid Baiturrahman juga pernah sempat dibakar pada era penjajahan Belanda pada 8 April 1873. Masjid dengan luas bangunan sekitar 4.000 meter persegi yang berdiri di atas lahan 31.000 meter persegi ini memiliki daya tampung 13.000 jamaah. 

5. Masjid Al Akbar 

Masjid terbesar di Indonesia selanjutnya adalah Masjid Al Akbar yang terletak di Surabaya. Luas bangunan ditambah fasilitas penunjang Masjid Al-Akbar Surabaya adalah 22.300 meter persegi, dengan rincian panjang 147 meter dan lebar 128 meter. Masjid ini memiliki 1 kubah besar dengan empat kubah kecil lainnya berwarna biru serta satu menara setinggi 99 meter. Masjid Al Akbar memiliki keunikan pada bagian kubahnya yang berbentuk setengah telur dan terdapat 45 pintu dari kayu. Masjid ini mampu menampung sebanyak 50.000 jamaah. 

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut