get app
inews
Aa Read Next : Tiba di Timika, KKB Pembunuh Danramil Aradide Mengakui Hal Ini

Pengamanan di Bandara Nop Goliat Dekai Diperketat, Polda Papua Kirim 2 SST Brimob ke Yahukimo

Senin, 13 Maret 2023 | 15:06 WIB
header img
Foto Pasukan Brimob Polda Papua di Koya Koso Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Selasa 22 Maret 2022 lalu. Foto ilustrasi doc Bidhumas Polda Papua.

JAYAPURA, iNewsSukabumi.id – Pasukan TNI Polri terus memperketat Pengamanan di Bandara Nop Goliat Dekai, Yahukimo pasca penembakan Pesawat Trigana Air PK-YSC B737-500 beberapa waktu lalu yang diduga dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Untuk keperluan tersebut Polda Papua mengirimkan 2 SST (Satuan Setingkat Peleton) Brimob ke Yahukimo.  

“Untuk situasi di Kota Dekai hingga saat ini telah kondusif dan berjalan aman, puluhan aparat gabungan TNI/Polri juga terus melakukan penyisiran dan pengamanan di area Bandara Nop Goliat Dekai walaupun belum adanya aktifitas penerbangan agar tidak kembali terjadi hal seperti demikian. Kami juga akan melakukan penebalan personel Brimob di Kabupaten Yahukimo dan akan segera kami geser,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo dalam pernyataan tertulis yang diterima iNews.id Network, Senin (13/3/2023).

Tidak hanya itu, kata Kabid Humas Polda Papua, Pengamanan yang dilaksanakan di Bandara Nop Goliat Dekai dilakukan secara Terbuka dan tertutup yang meliputi area Penumpang, Parkiran Pesawat, Area Cargo dan Run way hingga diluar Area Pendaratan dan lepas landas di seberang sungai Brasa.

“Tentunya pengamanan yang kami lakukan ini melibatkan Personil Polres Yahukimo, Tim Lidik Satgas Damai Cartenz serta Personil TNI Kodim 1715/Yahukimo dan rencananya akan ditambah oleh 2 SST Brimob yang akan diterbangkan menuju Yahukimo untuk mengantisipasi serangan KKB terhadap pesawat yang akan beraktifitas nantinya,” timpal Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo .

Hingga saat ini, kata dia, aparat gabungan terus melakukan pengamanan pasca penembakan yang terjadi di Area Bandara Nop Goliat Dekai, Kabupaten Yahukimo dengan sasaran Pesawat Trigana Air PK-YSC B737-500.
 
Sebelumnya Kabid Humas menyampaikan, Pesawat Trigana Air PK-YSC B737-500 yang landing dan take off menuju Bandara Sentani membawa penumpang sebanyak 66 (enam puluh enam) orang tersebut diketahui mendapat gangguan tembakan oleh OTK hingga menyebabkan 1 lobang di bagian bawah pesawat. 

Kombes Pol Ignatius Benny juga mengatakan bahwa pasca kejadian tersebut aparat memeriksa tujuh orang untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut, namun aparat telah memulangkan diantaranya enam orang karena tidak ada keterkaitan dengan kejadian penembakan. 

"Untuk satu orang yang masih ditahan, diketahui keterlibatannya dalam Kelompok Kriminal Bersenjata yakni EG (23) yang tergabung dalam KKB KODAP XVI Pimpinan Kopi Tua Heluka Batalion Yamue,” ungkapnya.

Ia menambahkan, EG saat ini masih dalam tahap pemeriksaan lebih dalam guna mengungkap siapa saja yang menjadi dalang pada peristiwa penembakan Pesawat Trigana Air PK-YSC B737-500 beberapa hari lalu.
 

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut