get app
inews
Aa Read Next : Penampakan Pengemudi Fortuner Pakai Pelat Dinas TNI Palsu, Kenakan Baju Tahanan Tangan Diborgol

Pemilik Travel Umrah Tipu Jemaah Hingga Tak Bisa Balik Indonesia Ditangkap, Ternyata Pasutri

Selasa, 28 Maret 2023 | 11:26 WIB
header img
Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi. Foto: iNews.id/Yuswantoro

JAKARTA, iNewsSukabumi.id - Polda Metro Jaya menangkap sepasang suami istri pemilik travel umrah yang telah menipu ratusan jemaah umrah hingga menelantarkannya di Arab Saudi dan tidak bisa pulang ke Indonesia.

Keduanya ialah Mahfudz Abdulah alias Abi (52) dan istrinya Halijah Amin alias Bunda (48). Mereka ditangkap di salah satu kamar unit hotel di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Adillah Syariah. 

"Pelaku ditangkap pada 27 Februari 2023," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Hengki Haryadi kepada wartawan, Selasa (28/3/2023). 

Pasturi ini telah ditetapkan jadi tersangka dan telah ditahan di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya. Selain pasturi tersebut, ada satu orang lain yang juga telah ditetapkan jadi tersangka, seorang pria bernama Hermansyah (59).

Yang bersangkutan diketahui merupakan Direktur Utama dari PT Naila Safaah Wisata Mandiri, travel umrah milik pasutri Mahfudz-Halijah. Hermansyah juga sudah ditahan.

Dalam kasus ini, ketiganya dikenakan Pasal 126 Juncto Pasal 119 A Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah sebagaimana diubah dalam Pasal 126 UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

"Ancaman hukumannya maksimal 10 tahun," kata dia lagi.

Sebelumnya diberitakan, polisi mengungkap lagi penipuan umrah. Kali ini, jumlah korbannya mencapai ratusan orang.

Terungkapnya penipuan ini setelah Satuan Tugas (Satgas) antimafia umroh Polda Metro Jaya menerima laporan dari Kementerian Agama (Kemenag) soal adanya jemaah umrah yang tidak bisa pulang ke Tanah Air.

"Jadi korban ini mengadu ke Konjen di Arab Saudi, aduan itu kemudian disampaikan ke Kemenag dan akhirnya sampai ke kita,"ata Hengki.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut