get app
inews
Aa Read Next : Tiba di Timika, KKB Pembunuh Danramil Aradide Mengakui Hal Ini

Serang Pasukan Yonif Raider 305 Tengkorak dan Brimob di Intan Jaya Papua Tengah, KKB Dipukul Mundur

Selasa, 25 April 2023 | 07:18 WIB
header img
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua melakukan serangan terhadap Pasukan TNI dari Yonif Para Raider 305/Tengkorak dan Satgas Brimob dari Ops Damai Cartenz di Kabupaten Intan Jaya. Foto Pendam Cenderawasih

INTAN JAYA, iNewsJayapura.id - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua melakukan serangan terhadap Pasukan TNI dari Yonif Para Raider 305/Tengkorak dan Satgas Brimob dari Ops Damai Cartenz di Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah. Serangan dilakukan KKB pada hari Minggu (23/4/2023) dan Senin (24/4/2023). 

Meskipun demikian, tidak ada korban jiwa dan Pasukan Yonif Para Raider 305/Tengkorak serta Brimob  berhasil memukul mundur KKB Papua. 


Kapendam XVII/Cenderawasih Kol Kav Herman Taryaman mengonfirmasi penyerangan tersebut. 

"Gerombolan KST (KKB) menggunakan dua senjata api laras panjang untuk menyerang Aparat TNI Yonif 305/Tkr yang sedang menuju Kampung Kusage di Kabupaten Intan Jaya pada hari Minggu (23/4). Aparat TNI kemudian melakukan penindakan, tetapi gerombolan KST melarikan diri," kata Kapendam. 

Menurut Kapendam, upaya gerombolan KST untuk menyerang Aparat TNI dan membuat resah masyarakat di Kampung Sambili, Kampung Kusage, dan Kampung Mamba Bawah menyebabkan keributan antara gerombolan KST dan masyarakat kampung. 

"Karena masyarakat melawan gerombolan KST yang selalu mengancam warga, gerombolan KST lalu menyerang dan menembak Aparat keamanan dari Brimob Polri di Kampung Bilogai Kabupaten Intan Jaya pada hari Senin (24/4)," timpalnya. 

Kapendam menjelaskan, sebagai respons, masyarakat Kampung Bilogai Kabupaten Intan Jaya berkumpul membawa busur dan panah untuk berupaya mengusir gerombongan KST. "Unsur Forkopimda di Intan Jaya juga sepakat untuk melawan gerombolan KST yang selalu meresahkan dan membuat situasi tidak aman," tandasnya.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz Kombes Pol Donny Charles Go juga membenarkan adanya penyerangan yang dilakukan KKB terhadap pasukan Brimob yang tergabung didalam Satgas Ops Damai Cartenz. "Ya benar terjadi penyerangan terhadap Pasukan Brimob, Senin 24 April 2023," kata Kombes Pol Donny Charles Go dalam pesan WhatsApp.

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut