get app
inews
Aa Read Next : Profil dan Biodata Vina Muliana, HRD BUMN dan Konten Kreator Viral yang Meraih Forbes 30 Under 30

Azim Premji Muslim Terkaya di India, Raja Teknologi dan Seabreg Perusahaan Lainya

Selasa, 02 Mei 2023 | 11:30 WIB
header img
Azim Premji adalah seorang muslim terkaya di India yang terkenal sebagai raja teknologi India dan pemilik perusahaan multinasional India, Wipro. Foto: Thecsruniverse/Ist

JAKARTA, iNewsSukabumi.id - Azim Premji adalah seorang muslim terkaya di India yang terkenal sebagai raja teknologi India dan pemilik perusahaan multinasional India, Wipro. Berdasarkan data Forbes, kekayaannya sebagai orang terkaya ke-11 di India mencapai 9,5 miliar dolar AS atau setara dengan Rp135,7 triliun.

Premji memulai karir bisnisnya pada usia 20-an setelah menyelesaikan sekolah di Mumbai dan kuliah di Teknik Elektro Universitas Stanford. Namun, ketika ayahnya meninggal dunia dan untuk menjalankan bisnis ayahnya, dia harus kembali ke India dan meninggalkan kuliahnya di tengah jalan.

Meskipun awalnya Premji tidak memiliki keahlian dalam menjalankan perusahaan, namun dia berhasil memimpin perusahaan dengan caranya sendiri. Perusahaan mulai membuat beberapa produk baru seperti produk listrik, silinder hidrolik, dan lainnya. Ketika IBM meninggalkan India pada 1977, memberinya banyak peluang bagus. Premji pun memanfaatkan kesempatan tersebut dan perusahaannya mulai memproduksi perangkat keras TI, perangkat lunak, layanan TI, dan sebagainya.

Premji juga dikenal karena keterampilan manajemen dan bisnisnya yang efektif. Dia percaya untuk mencapai kesuksesan dalam hidup Anda perlu memiliki ketekunan, kejujuran, dan kerja keras. Karena kesuksesan bisnisnya, Premji pernah menjadi orang terkaya kelima di India pada 2020 dan Wipro memiliki saham di berbagai indeks pasar saham seperti Sensex dan Nifty.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut