get app
inews
Aa Read Next : Profil dan Biodata Megawati Hangestri Pertiwi Atlet Voli asal Jember, Ini Karir hingga Prestasinya

Vedderiq Leonardo Atlet Panjat Tebing Indonesia Pecahkan Rekor Dunia, Raih Emas Nomor Speed Putra

Selasa, 02 Mei 2023 | 11:57 WIB
header img
Atlet panjat tebing Indonesia Vedderiq Leonardo, berhasil memecahkan rekor dunia dan meraih medali emas di nomor Speed Putra. Foto: Hasnugara

JAKARTA, iNews.id - Tim panjat tebing Indonesia berhasil meraih prestasi membanggakan di ajang Piala Dunia Panjat Tebing IFSC di Seoul, Korea Selatan. Atlet panjat tebing Indonesia, Vedderiq Leonardo, berhasil memecahkan rekor dunia dan meraih medali emas di nomor Speed Putra.

Tim panjat tebing Indonesia juga meraih medali perunggu di nomor Speed Putri. Para atlet disambut oleh Menpora dan Ketua Umum FPTI di Bandara Soekarno-Hatta pada Senin (1/5/2023).

Vedderiq berhasil mencatatkan rekor dunia baru 4,90 detik dan menjadi manusia pertama di cabang olahraga panjat tebing yang berhasil menembus rekor di bawah 5 detik. Sebelum mencatatkan sejarah, atlet asal Kalimantan Barat ini sudah terlihat gemilang di babak kualifikasi dan quarterfinal hingga akhirnya meraih medali emas.

Selain berhasil membawa pulang emas di nomor Speed Putra, atlet nomor Speed Putri, Desak Made Rita Kusuma, juga memboyong medali perunggu dalam ajang tersebut.

"Prestasi ini merupakan hasil dari berlatih di pelatnas sejak 2020 lalu," ujar Veddriq. 

Menpora Dito Aritedjo dan Ketua Umum FPTI Yenny Wahid memberikan dukungan dan mengatakan pembinaan yang telah dilakukan oleh FPTI akan diadopsi untuk cabang olahraga lain dan tujuannya adalah untuk mendorong para atlet untuk lebih berprestasi ke depannya.

Ketua Umum FPTI Yenny Wahid menyatakan bahwa selain untuk menyiapkan para atlet yang akan berlaga di Olimpiade Paris 2024, FPTI juga rutin menggelar kejuaraan daerah untuk mencari bibit muda berpotensi.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut