get app
inews
Aa Read Next : Ilmu Kedokteran hanya Setengah Ayat Alquran Saja

Keutamaan Surat Thaha Mencakup 135 Ayat, Bagian Ayat 1- 5 Dibaca Rutin Dapat Melembutkan Hati

Kamis, 24 Agustus 2023 | 16:22 WIB
header img
Keutamaan Surat Thaha yang berada dalam urutan surat ke-20 dalam Alquran patutlah diketahui Muslim. Foto: Freepik

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Keutamaan Surat Thaha yang berada dalam urutan surat ke-20 dalam Alquran patutlah diketahui Muslim.

Surat Thaha mencakup 135 ayat serta masuk dalam kategori surat Makkiyah. Beberapa keutamaan Surat Thaha adalah sebagai berikut:

1. Surat Thaha merupakan bagian dari Al-Ma'in yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pengganti Zabur.

2. Surat Thaha mengandung al-ismul a'dzam (nama Allah yang paling agung), dan berdoa dengan menggunakan nama ini dapat membuat doa kita dikabulkan, insya Allah.

3. Surat Thaha mencatat amal perbuatan dengan tangan kanan dan seseorang tidak akan diminta pertanggungjawaban atas perbuatan yang dilakukan setelah memeluk agama Islam.

Dalam riwayat dari Abi Abdullah disebutkan, "Janganlah merasa bosan untuk membaca Surat Thaha, karena Allah sungguh mencintainya dan Allah juga mencintai orang yang membacanya. Siapa pun yang membacanya dengan istiqamah, Allah akan mencatat amal perbuatannya di tangan kanannya di hari kiamat. Allah tidak akan meminta pertanggungjawaban atas perbuatan yang dilakukan setelah memeluk Islam, dan Allah akan memberinya pahala di akhirat hingga ia merasa puas." (Tsawabul- A'mal: 137)

4. Surat Thaha dapat digunakan sebagai wasilah dalam doa untuk melembutkan hati. Jika seseorang merasa hatinya keras, atau jika ada saudara atau teman yang memiliki hati yang keras, maka dapat membacakan ayat 1-5 dari Surat Thaha sebagai bagian dari doa.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut