get app
inews
Aa Read Next : Keutamaan Surat Thaha Mencakup 135 Ayat, Bagian Ayat 1- 5 Dibaca Rutin Dapat Melembutkan Hati

Ilmu Kedokteran hanya Setengah Ayat Alquran Saja

Kamis, 24 Agustus 2023 | 10:52 WIB
header img
Alquran dan ilmu sains mengungkap berbagai informasi yang berharga, termasuk di dalamnya dalam bidang ilmu kedokteran. Foto: Dok

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Alquran dan ilmu sains mengungkap berbagai informasi yang berharga, termasuk di dalamnya dalam bidang ilmu kedokteran. Bahkan, Allah Subhanahu wa ta'ala telah menyampaikan seluruh pengetahuan kedokteran hanya setengah ayat Alquran saja.

Selanjutnya, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam juga telah merangkum seluruh ilmu kedokteran dalam satu kalimat. Salah satu pernyataannya tentang kesehatan dunia adalah sebagai berikut:

"Seorang anak Adam tidak akan mengisi wadah yang lebih buruk daripada perutnya. Cukup baginya untuk makan sedikit guna menjaga kelangsungan tulang punggungnya. Jika ia harus melakukannya, maka sepertiga bagian untuk makanan, sepertiga bagian untuk minuman, dan sepertiga bagian untuk udara (napas)." (Diriwayatkan oleh Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

Berdasarkan buku "Buku Pintar Sains dalam Al-Quran" yang ditulis oleh Dr. Nadiah Thayyarah, sebuah penelitian ilmiah membuktikan bahwa kegemukan (obesitas) dapat merugikan tubuh manusia. Hasil dari survei perusahaan asuransi di Amerika Serikat menyimpulkan bahwa semakin besar lingkar perut seseorang, semakin pendek harapan hidupnya. Jika lingkar perut seorang pria melebihi lingkar dada, maka risiko kematian lebih tinggi.

Sementara itu, Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan umatnya untuk menjaga keseimbangan dalam pola makan dan minum, serta menghindari kelebihan dalam keduanya.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam juga melarang agar perut diisi penuh dengan makanan, karena tindakan tersebut dapat merusak tubuh dan dianggap sebagai pemborosan. Orang yang melakukan hal ini dianggap berlebihan dan dicatat oleh Allah Subhanahu wa ta'ala sebagai sekutu-sekutu setan.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman, "Sesungguhnya orang-orang yang berlebihan adalah saudara-saudara setan, dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya." (Surat Al-Isra': 27)

Kemudian Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Termasuk di antara bentuk kelebihan adalah jika seseorang makan saat ia masih merasa kenyang." (Diriwayatkan oleh Hakim)

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut