get app
inews
Aa Read Next : Keutamaan Surat Thaha Mencakup 135 Ayat, Bagian Ayat 1- 5 Dibaca Rutin Dapat Melembutkan Hati

Ilmu Kedokteran hanya Setengah Ayat Alquran Saja

Kamis, 24 Agustus 2023 | 10:52 WIB
header img
Alquran dan ilmu sains mengungkap berbagai informasi yang berharga, termasuk di dalamnya dalam bidang ilmu kedokteran. Foto: Dok

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam juga memberi nasihat kepada Abu Juhfah ketika ia bersendawa, "Pendekkanlah sendawanmu. Karena di Hari Kiamat, orang yang paling panjang rasa laparnya adalah orang yang paling sering kenyang di dunia." (Diriwayatkan oleh Tirmidzi)

Dalam sebuah hadis lain, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam menyampaikan, "Generasi terbaik di antara kalian ialah generasi zamanku, kemudian generasi setelahnya, dan kemudian generasi setelahnya lagi. Setelah itu, akan muncul kelompok yang memberikan kesaksian, tetapi kesaksian mereka tidak benar; mereka khianat dan tidak dapat dipercaya. Mereka berjanji, tetapi tidak memenuhinya. Ciri khas mereka adalah kegemukan."

Sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, Umar, pernah mengatakan, "Hindarilah berlebihan dalam makan dan minum, karena hal tersebut dapat merusak tubuh, menyebabkan penyakit, dan mengurangi semangat untuk melaksanakan shalat. Bijaklah dalam mengatur makanan dan minuman, karena hal tersebut lebih baik untuk tubuh dan menghindari perilaku pemborosan. Allah tidak menyukai orang yang gemuk dan berlebihan. Seseorang tidak akan merugi kecuali jika ia meletakkan keinginan nafsunya di atas agamanya." (Diriwayatkan oleh Abu Nu’aim)

Khalifah Harun Ar-Rasyid memiliki seorang dokter Nasrani yang sangat terampil. Suatu saat, dokter tersebut berkata kepada seorang ulama, "Tidak ada apa-apa dalam kitab suci kalian yang berhubungan dengan ilmu kedokteran. Ilmu tersebut dapat dibagi menjadi dua, yaitu ilmu tentang tubuh dan ilmu tentang agama."

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut