get app
inews
Aa Read Next : Cabuli 10 Siswi SD di Lingkungan Sekolah, Oknum Kepsek Diringkus Polisi

20 Gunung di Jawa Barat, Nomor 5 Sudah 4 Kali Meletus Tewaskan 3 Ribu Orang

Jum'at, 01 September 2023 | 18:23 WIB
header img
Gunung di Jawa Barat, gunung Papandayan pernah meletus 4 kali tewaskan 3 ribuan orang. Foto: itimews

JAKARTA, iNewsSukabumi.id - Gunung di Jawa Barat terkenal dengan pegunungannya yang sudah tidak asing lagi bagi para pecinta pendaki gunung. Meski begitu, beberapa gunung api ini ternyata pernah mengalami letusan dahsyat yang menewaskan 3 ribu hingga 4 ribu orang.

Beberapa gunung paling terkenal di Jawa Barat yang wajib dikunjungi oleh para pendaki, jalur pendaki pun beragam mulai dari yang sedang hingga sulit. 

Selain itu juga bisa menjadi alternatif destinasi wisata  bagi siapa saja yang ingin merasakan keindahan alam dan hawa yang sejuk serta segar.

Berikut 20 Gunung di Jawa Barat : 

1. Gunung Ciremai


Gunung Ciremai yang jadi favorit para pendaki. Foto: Sindo
Siapa yang tidak kenal dengan Gunung Ciremai? Gunung Ciremai ini sangat cantik dan Gunung tertinggi di Jawa Barat. Ciremai merupakan gunung yang aktif yang berada di wilayah Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka. Gunung Ciremai ini mencapai ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Letusan Gunung Ciremai terakhir kali pada tahun 1937. Memiliki jalur pendaki yang resmi yaitu Palutungan, Apuy, Linggarjati, Linggasana dan Sadarehe. 

2. Gunung Pangrango

Gunung Pangrango yaitu gunung tertinggi kedua di Jawa Barat. Puncak Gunung Pangrango setinggi 3.019 mdpl. lokasinya berada dalam wilayah Kabupaten Cianjur dan Sukabumi. 

3. Gunung Gede


Gunung Gede (Foto : iNewsBogor.id/ist.)

Gunung Gede merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa Barat. Gunung Gede ini berapi dan aktif terletak di wilayah Kabupaten Cianjur. Gunung Gede memiliki ketinggian  2.958 mdpl.

4. Gunung Cikuray 

Gunung Cikuray terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. dan menjadi gunung tertinggi keempat di Jawa Barat dengan ketinggian 2.821 mdpl. Gunung Cikuray bukan merupakan gunung berapi dan memiliki beberapa jalur pendakian diantaranya yaitu jalur Pemancar, Kiara Janggot, Tapak Geurot, Bayongbong dan Kebonsatu.

5. Gunung Papandayan


Gunung Papandayan di Garut, Jawa Barat (Foto: Indonesia-Tourism/Okezone).

Gunung Papandayan terletak di kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut. Salah satu Gunung di Jawa Barat ini Gunung Papandayan memiliki ketinggian 2.665 mdpl.

Gunung Papandayan sangat cocok untuk pendaki pemula. Kenapa bisa dibilang cocok untuk pendaki pemula? karena pendaki minimal tapi view maximal. Jalur sudah tidak terlalu ekstrem sudah jalur ramah dan tertata. 

Meski begitu, Gunung Papandayan sempat mengalami beberapa kali letusan, yakni pada 12 Augustus 1772, 11 Maret 1923, 15 Agustus 1942, dan 11 November 2002.

Letusan paling besar terjadi pada tahun 1772, yang menewaskan hampir 3 ribu orang dan menghancurkan 40 desa. Sementara itu, daerah yang tertutup longsoran mencapai 10 km dengan lebar 5 km.

6. Gunung Guntur

Gunung Guntur memiliki ketinggian 2.249 mdpl. Gunung Guntur sendiri berada di Kabupaten garut. Gunung Guntur memiliki kawah yang disebut Kawah Guntur dan Kawah Japati. 

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut