get app
inews
Aa Read Next : Teroris KKB Serang Warga Sipil di Kampung Kago Distrik Ilaga, 1 Orang Tertembak 

Kronologi 3 Anggota TPNPB OPM di Nduga Tewas usai Disergap Pasukan Taipur Kostrad dan Raider

Minggu, 03 September 2023 | 16:37 WIB
header img
Tiga anggota TPNPB OPM Kodap III Ndugama di Nduga, Papua Pegunungan tewas ditangan Tim Satgas Taipur Kostrad, Satgas Yonif Mekanis Raider 411, dan Satgas Elang. Ilustrasi Pasukan TNI Polri /Pendam Cenderawasih

NDUGA, iNewsSukabumi.id - Tiga anggota Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB OPM) Kodap III Ndugama di Nduga, Papua Pegunungan tewas ditangan Tim Satuan Tugas (Satgas) Taipur Kostrad, Satgas Yonif Mekanis Raider 411, dan Satgas Elang. Ketiga anggota TPNPB OPM atas nama Ganti Gwijangge, Werak Lokbere dan Arikheba Kogeya tersebut sebelumnya telah disergap Satgas Taipur Kostrad dibantu Pasukan Raider dan Satgas Elang sehingga terhadi kontak senjata. 

Berdasarkan info yang diterima iNews.id Network operasi penyergapan ini dipimpin oleh Mayor Cosmos dan berlangsung sejak Kamis 17 Agustus 2023 di wilayah Matoa, Kampung Alguru, Distrik Krepkuri, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan, hingga mencapai puncaknya pada 1 September 2023.

Pada saat itu, tim patroli drone dari Tim Taipur melihat 4 anggota TPNPB membawa senjata laras panjang saat berjalan di sekitar sungai. Mereka diduga datang dari arah PT. Delarosa menuju Camp Matoa Belakang.

Pada tanggal 21 Agustus 2023, aktivitas serupa terlihat di sekitar rumah di wilayah Matoa.

Kemudian, tanggal 22 Agustus 2023, 4 anggota TPNPB terlihat membawa senjata laras panjang saat berjalan menyusuri sungai, menuju Camp Matoa Depan. Kejadian serupa terulang pada tanggal 24 Agustus 2023.

Selanjutnya, pada tanggal 28 Agustus 2023, terlihat aktivitas mencurigakan di sekitar tepi sungai. Oleh karena itu, pada tanggal 30 Agustus 2023, Mayor Inf Cosmos bersama pasukannya melaksanakan rencana operasi yang telah disusun sebelumnya.

Pada tanggal 31 Agustus 2023, pukul 18.30 WIT, 94 orang personel melaksanakan penyusupan menuju pos Matoa.

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut