get app
inews
Aa Read Next : Keindahan Curug Cikaso Sukabumi Disebut Air Terjun 7 Bidadari, Harga Tiket cuma Rp5. 000 Ini Rutenya

10 Tempat Angker di Sukabumi, Panorama Indah Terselip Kisah Mistis Nyi Blorong hingga Nyi Roro Kidul

Senin, 18 September 2023 | 20:56 WIB
header img
Tempat angker di Sukabumi, ternyata tersimpan kisah mistis. Foto: Instagram

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Tempat angker di Sukabumi yang menyimpan kisah menarik untuk disimak. Dibalik keindahannya, tempat wisata di Sukabumi juga ternyata menyimpan kisah mistis.

Sukabumi memang dikenal sebagai tempat yang terkenal dengan banyaknya tempat angker dan legenda mistis yang menarik perhatian para petualang terhadap dunia supranatural.

Namun walaupun terkenal angker, tempat ini tetap menjadi tempat yang banyak dikunjungi para wisatawan. Penasaran dengan kisahnya, simak tempat berikut.

Tempat angker di Sukabumi

1. Curug Sawer

Pada zaman dahulu, air terjun ini dikenal sebagai tempat angker yang diselimuti suasana magis dan mistis. Sebelum menjadi destinasi wisata, air terjun ini sering digunakan untuk ritual mistis. Banyaknya ritual mistis yang dilakukan di sekitar tempat ini menyebabkan masyarakat setempat membatasi aktivitasnya di kawasan ini.

Rangkaian Curug Sawer konon tercipta setelah seorang tokoh sakti yang tinggal di kaki gunung Ciremai mengadakan upacara Saweran di aliran Sungai Cipada untuk memberkati dirinya dan keturunannya. Dia bermeditasi selama bertahun-tahun sampai kematiannya. Menurut cerita yang diwariskan dari generasi ke generasi, tubuh pertapa tersebut tidak dimusnahkan namun kini secara supernatural menjelma menjadi seekor ular raksasa yang hidup.

2. Jalan Cikidang

Penduduk setempat sering mengaitkan beberapa kecelakaan dengan peristiwa supernatural. Salah satu cerita misterius yang terkenal tentang tanjakan Cikidang adalah tentang hantu yang tubuhnya tidak utuh. Sosok ini sering muncul pada pengendara yang lewat. Karena kaget dan takut, endingnya tentu saja terjadi kecelakaan.

Terkadang warga sekitar atau pengendara yang lewat kerap mendengar teriakan minta tolong dan rintihan orang kesakitan. Namun sumber suara tersebut tidak dapat ditemukan. Selain itu juga terdapat pohon beringin berukuran sangat besar yang dipercaya sebagai tempat bersemayamnya arwah. Bahkan, warga setempat tidak berani memotongnya.

3. Curug Cikaso

Air Terjun Cikaso  juga salah satu tempat angker di Sukabumi karena sering dikaitkan dengan legenda Nyi Blorong yang semakin menambah suasana mistis di sekitar air terjun ini.

Karena letaknya yang dekat dengan pantai selatan, air terjun ini sering dianggap sebagai tempat pesugihan oleh para pemuja Nyi Blorong, terutama karena seringnya penampakan ular-ular aneh yang dianggap sebagai tanda kehadiran Nyi Ratu Blorong.

4. Puncak Darma

Konon nama Darma berasal dari  cerita horor yang beredar di masyarakat. Banyak orang yang mengatakan bahwa pada suatu ketika hiduplah seorang kuntilanak di puncak gunung ini, yang suka duduk di atas batu dan mengayunkan kakinya. Menurut sejarahnya, posisi duduk kuntilanak sambil menggoyangkan kaki  disebut  Darma.

5. Goa Sarongge

Goa Sarongge terkenal dengan keindahan stalaktit dan stalagmitnya. Meskipun demikian, beberapa penduduk setempat mengaku pernah melihat kerajaan ajaib di dalamnya.

6. Gunung Salak 

Gunung Salak tidak hanya memiliki pemandangan alam yang mempesona namun juga memiliki sejarah mistis yang cukup terkenal. Banyak kejadian aneh yang tidak masuk akal. Gunung salak memiliki beberapa kisah misteri, yaitu terdapat kerajaan gaib, suara gamelan, harta karun yang terkubur di Gunung Salak, memiliki kekuatan magnetik yang kuat.

7. Goa Lalay

Menurut  sebagian masyarakat, di  sekitar Goa Lalay  masih terdapat tujuh gua berisi benda-benda mistis yang  kini menjadi legenda. Setiap gua mempunyai penjaga yang tidak lain adalah makhluk gaib atau roh, yang sewaktu-waktu akan muncul kepada  pengunjung yang datang.

8. Bukit Alam Sundawangi 

Bukit Alam Sundawangi yang terletak di kawasan Gunung Walat, desa Karangtengah, Cibadak Sukabumi, menurut penduduk setempat sering terlihat di atas kereta sakti yang diyakini milik Kerajaan Pajajaran. 

9. Pantai Pelabuhan Ratu 

Pantai Pelabuhan Ratu dianggap sebagai salah satu tempat angker di Sukabumi karena terdapat pintu gerbang menuju dimensi lain, Nyi Roro Kidul. Ada sekitar empat legenda terkait Pantai Pelabuhan Ratu yang berkaitan dengan Ratu Nyi Roro Kidul. Salah satu kisahnya yaitu pintu gaib di tengah laut dan larangan pakai pakaian berwarna hijau.

10. Curug Dogdog

Masuk ke kawasan Curug Dogdog, letaknya 100 meter dari jalan utama menuju Puncak Darma-Palangpang, tepat di dekat Jembatan Marinjung. Konon masyarakat sering mendengar suara gamelan mistis yang tidak diketahui asal usulnya dan menyerupai harimau gaib dengan penampakan yang  sangat menakutkan.

Nah, itu dia tempat angker di Sukabumi , ternyata di balik keindahannya terdapat kisah menyeramkan.

 

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut