get app
inews
Aa Read Next : 8 Tips Mendaki Gunung Gede Pangrango bagi Para Pemula, Pastikan Tubuh Sehat ya!

20 Perlengkapan Naik Gunung untuk Pemula, Siapkan demi Keselamatan dan Kenyamanan

Rabu, 25 Oktober 2023 | 21:28 WIB
header img
Perlengkapan naik gunung bagi pemula. Foto: istimewa

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Perlengkapan naik gunung untuk pemula ini harus diperhatikan demi keselamatan. Karena kegiatan mendaki gunung saat ini sangat digemari oleh berbagai kalangan usia, terutama generasi muda yang
menyukai petualangan di alam.

Pastikan Anda sehat dan siap melakukan aktivitas fisik berat. Anda juga harus memperhatikan dengan cermat medan pendakian dan cuaca gunung yang akan didaki.

Dengan persiapan yang matang, Anda akan bisa berlatih pendakian dengan aman dan menyenangkan.

Perlengkapan Naik Gunung untuk Pemula

1. Tenda


 

Perlengkapan naik gunung untuk pemula yang pertama yaitu tenda. Karena tenda adalah tempat berteduh sementara ketika seorang pendaki berada di gunung atau di alam bebas dan tentunya tenda perlengkapan rombongan pendakian juga wajib dibawa.

Ada banyak jenis atau merk tenda yang bisa dipilih untuk menjamin kenyamanan dan keamanan saat mendaki. Untuk memilih tenda, sesuaikan dengan kondisi seperti kapasitas, berat dan modelnya, bisa single layer atau double layer.

2. Sleeping bag

Sleeping bag merupakan perlengkapan pendakian yang wajib dimiliki, apalagi jika berencana kemah selama beberapa hari.

Sleeping bag ini bisa membantu anda tidur dengan nyaman meski berada di alam terbuka. Pilih kantong tidur yang tahan angin dan air.

3. Sepatu Hiking

Sebelum mendaki, pastikan terlebih dahulu Anda memiliki sepatu khusus hiking karena sepatu pendakian mempunyai kelebihan yang akan membantu perjalanan pendakian menjadi lebih lancar. 

Misalnya saja memiliki daya cengkram yang tinggi, tahan terhadap berbagai kondisi cuaca dan juga melindungi kaki secara optimal.

4. Tas Gunung

Tas gunung merupakan perlengkapan yang wajib saat mendaki. Pilihlah tas hiking yang tahan air dan nyaman serta mampu menampung banyak barang namun tidak memakan tempat.

Tas hiking berwarna cerah akan membantu anda mudah terlihat di hutan.

5. Headlamp

Headlamp ini sangat berguna bagi para pendaki terutama saat kondisi gelap atau malam hari dan berkabut. Alat ini merupakan satu-satunya penerangan yang kita miliki saat mendaki, selain penerangan bulan.

Jadi jangan lupa membawa headlamp saat mendaki. Karena tidak ada penerangan atau listrik di pegunungan, maka sangat penting untuk membawa headlamp.

6. Gaiters

Gaiters saat diperlukan saat mendaki karena akan membantu melindungi kaki anda saat melintasi jalan dengan semak berduri, semak basah, medan berpasir, dan berkerikil.

Pelindung kaki juga akan mencegah pasir dan kerikil masuk ke dalam sepatu sehingga menimbulkan ketidaknyamanan m bagi pendaki. Dengan cara ini, kaki anda akan terlindungi dari berbagai medan saat mendaki.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut