get app
inews
Aa Read Next : Profil dan Biodata Fani Supriyanto Kiper Timnas Sepakbola Wanita Indonesia yang Main di Liga Arab

Kapak Prasejarah Terbesar di Dunia Ditemukan di Arab Saudi, Ahli: Kedua Sisinya Masih Tajam

Rabu, 29 November 2023 | 08:00 WIB
header img
Meski ukurannya cukup besar, namun kapak prasejarah ini mudah dipegang oleh kedua tangan. (Foto: Komisi Kerajaan Alula)

ARAB SAUDI, iNewsSukabumi.id - Kapak tangan prasejarah terbesar di dunia, berukuran panjang lebih dari 20 inci, ditemukan di Arab Saudi.

Para arkeolog di Arab Saudi telah menemukan kapak tangan prasejarah terbesar di dunia. Senjata yang terbuat dari batu tersebut berukuran panjang 20,2 inci atau 51,3 Cm. 

Dalam sebuah keterangan menyebutkan meskipun ukurannya cukup besar, namun alat ini mudah dipegang dengan dua tangan.

Dilansir dari Livescience, tim peneliti internasional itu menemukan kapak tangan basal di Dataran Qurh, tepat di selatan Alula, sebuah wilayah di barat laut Arab Saudi. 

Di kedua sisi kapak itu sudah dalam kondisi terasah. Hal ini menunjukkan bahwa kapak tersebut dapat digunakan untuk memotong atau mencacah. 

Namun, masih belum jelas bagaimana perkakas batu itu digunakan. Selain itu spesies manakah yang membuat kapak tersebut, Homo erectus atau Homo sapiens?.

Sejauh ini belum diketahui berapa umur dari senjata tersebut. “Kapak memerlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan tanggal yang akurat,” kata Direktur proyek penggalian, Ömer Can Aksoy.

Namun menurut penilaian tim terhadap bentuk dan karakteristiknya, perkakas lain yang ditemukan di situs tersebut mungkin berasal dari 200.000 tahun yang lalu.

Aksoy mengatakan ada kemungkinan bahwa kapak tangan tersebut juga berasal dari zaman Paleolitik Bawah atau Tengah.

Para peneliti juga menemukan kapak tangan yang juga berukuran raksasa dengan lebar 3,7 inci (9,5 cm) dan tebal 2,2 inci (5,7 cm). 

“Kapak tangan raksasa itu ditemukan oleh dua anggota tim dalam posisi tergeletak di atas permukaan gundukan pasir” jelas Aksoy.

Editor : Toni Kamajaya

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut