get app
inews
Aa Read Next : Satgas Damai Cartenz Terjunkan Kopassus dan Brimob Sisir KKB di Hameyo Intan Jaya

Rambut Rusak ? Simak Tips Perawatan Rambut Agar Tetap Sehat Dan Berkilau

Kamis, 07 Desember 2023 | 15:46 WIB
header img
Merawat rambut sehat dan berkilau dengan beberapa cara tradisional yang sederhana. (Ilustrasi: Pixabay)

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Setiap wanita pasti ingin memiliki rambut yang sehat, lembut, dan berkilau. Dengan berbagai perawatan sudah seharusnya dilakukan agar tetap terjaga kondisi rambut tetap sehat.
Tidak hanya perawatan salon, Anda bisa merawatnya sendiri dirumah dengan berbagai macam cara tradisional atau bisa menghindari hal-hal yang bisa membuat rambut terlihat kusam.

Tips berikut bisa Anda coba, cara merawat rambut sehat dengan sederhana dirumah :

1. Merawat Kulit Kepala

Langkah awal merawat rambut sehat yaitu dengan memperhatikan kondisi kulit kepala yang sehat, salah satu penyebab rambut rusak bisa dari kondisi kulit kepala yang kurang diperhatikan. Seperti tidak rutin berkeramas, bisa menimbulkan penumpukan sel kulit mati, penyumbatan pori-pori dan mengakibatkan kurangnya nutrisi pada kulit kepala.

Langkah yang harus diambil yaitu dengan rutin berkeramas, bilas dengan air dingin dan pastikan benar-benar bersih dari sisa shampoo.

Anda pun bisa rutin menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun agar rambut lebih sehat dan berkilau, jika sedang berketombe Anda dapat menggunakan lemon atau lidah buaya dengan cara memijat-mijat kulit kepala.

2. Gunakan Shampo Sesuai Kondisi Rambut

Gunakan shampoo dan conditioner yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rambut, agar perawatan kerusakan pada rambut dapat disesuaikan.
Jangan lupa perhatikan kandungan nutrisi pada shampoo yang Anda gunakan. Pilih kandungan yang mampu membuat rambut Anda menjadi lebih sehat dan berkilau.

  • Kandungan yang baik untuk rambut rontok : Ginseng, Asam Amino, Centella Asiatica, Argan Oil, dll.
  • Kandungan yang baik untuk kulit berketombe : Asam Salisilat, Zinc Pyrithione, Ketoconazole, Aloe Vera, Lemon, dll.
  • Kandungan yang baik untuk rambut rusak : Pro-Vitamin Formula, Rice Oi, Milk Protein, dll.

3. Penggunaan Sisir Rambut Yang Tepat

Gunakan sisir yang bergerigi jarang pada saat rambut setengah kering, jika sudah kering Anda dapat menyisir rambut dengan sisir yang biasa Anda pakai.
Bagi Anda pemilik rambut ikal, wajib menyisir rambut sebelum keramas.
Dan jika rambut Anda lurus atau wavy Anda bisa menggunakan sisir atau brush dalam kondisi apapun.

Gunakan selalu sisir berbahan halus dan hindari sisir yang berujung tajam agar tidak melukai kulit kepala Anda.

4. Gunakan Vitamin Dan Serum Rambut

Pemakaian vitamin rambut sangat penting agar tetap menjaga kesehatan dan menambah kilau pada rambut. Vitamin rambut mampu menstimulasi proses pertumbuhan rambut, dan kandungan yang terdapat dari vitamin rambut dapat memberikan nutrisi seimbang dan merawat dari rambut kering akibat paparan AC, menahan kerusakan akibat pemakaian pemanas rambut seperti hair dryer, catokan dll.

Sementara serum rambut mampu menjaga bagian terluar batang rambut agar tidak kusut dan bercabang. Juga mampu mencegah rambut rontok parah, rambut kering, rambut kusam dan lepek, juga melindungi dari paparan sinar matahari dan debu.

5. Creambath

Lakukan creambath seminggu sekali atau 1-2 kali dalam satu bulan dengan durasi 15-30 menit agar kondisi kesehatan kulit dan rambut tetap terjaga dari resiko kerusakan dan rambut rontok. Anda bisa pergi ke salon terdekat atau bisa Anda lakukan dirumah saja. Produk creambath sudah bisa Anda temui di supermarket terdekat. Dengan banyak varian yang bisa Anda coba dan berbagai fungsi untuk kesehatan rambut Anda.

Manfaat dari creambath sendiri adalah memberi relaksasi pada kulit kepala, melembutkan setiap helaian rambut, mengatasi rambut kering dan rontok, memperlancar peredaran darah, dll.

6. Potong Ujung Rambut

Rambut yang sehat adalah rambut yang mendapat minyak rambut alami disetiap helainya. Jika rambut Anda sudah bercabang, artinya sedang mengalami rambut rapuh dan mudah patah. Segera potong ujung rambut Anda agar tidak mengalami kerusakan yang berlanjut. Rambut bercabang bisa datang kembali setiap 3-4 bulan. Maka jika Anda rutin memotong rambut, selain Anda akan terlihat fresh, kesehatan rambut Anda pun teraga dengan baik.

Editor : Toni Kamajaya

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut