get app
inews
Aa Read Next : Bunyi Kentongan Jadi Penanda Siaga Masyarakat di Pesisir Laut Sukabumi

Selama Libur Natal 2023, 28 Ribu Lebih Wisatawan Kunjungi Geopark Ciletuh

Rabu, 27 Desember 2023 | 12:00 WIB
header img
Anggota Polair Polres Sukabumi saat berjaga di Pantai dalam pengamanan libur natal 2023, Satpolair mencatat 28 ribu lebih wisatawan kunjungi Geopark

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Satuan Polisi Air dan Udara (Satpol Airud) Polres Sukabumi mencatat selama libur natal 2023, puluhan ribu wisatawan memadati sejumlah objek wisata pantai di Kabupaten Sukabumi.

 

Puluhan ribu wisatawan tersebut, kata Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede melalui Kasatpol Airud AKP Tenda Sukendar sebanyak kurang lebih mencapai sekitar 28.896 orang wisatawan berlibur di pantai Ciletuh Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGp) selama 5 hari.

 

Kunjungan wisatawan paling ramai atau membludak pada puncaknya Minggu, 24 Desember dengan jumlah pengunjung mencapai lebih dari 11 ribu.

 

"Ini menurut data yang kami himpun dari personel yang terploting di 23 titik objek wisata sepanjang pantai yang ada di kabupaten Sukabumi ini, dalam operasi lilin lodaya yang digelar sejak 22 jumat lalu sampai kemarin," ujar Tenda. 

 

Jumlah tersebut, kata Tenda lagi pengunjung atau wisatawan paling banyak mengunjungi dari laporan personel dilapangan yakni sekitar pantai Karanghawu, Kebon kalapa Cisolok, Citepus RTH sampai dengan Citepus Istana presiden, Istqomah dan kebon kalapa Citepus, karangnaya, batu Bintang juga ramai.

 

"Dan di wilayah selatannya yaitu ujung genteng pasir putih," jelasnya.

 

Masih kata Tenda, dalam operasi lilin lodaya yang berjalan 5 hari dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke kawasan pantai, sejauh ini masih aman dan kondusif, tidak terjadi laka laut hingga hilang tenggelam.

 

Berkat kesigapan tim gabungan dari personel Satpol Airud, Balawista, Basarnas, Sarda, BPBD, Pramuka dan unsur unsur terkait lainnya, terdapat tiga lokasi sempat terjadi kecelakaan laut namun dapat terselematkan.

 "Alhamdulillah untuk 5 hari ini operasi lilin wisatawan yang Hilang ataupun tenggelam meninggal dunia tidak ada,"

 

"Yang selamat ada beberapa titik, terjadi di lokasi di Cisolok pantai Kapitol, Karanghawu, dan kebon Kalapa. Alhamdulillah berkat kesigapan dari anggota unsur kemaritiman ataupun lifeguard gabungan, yang saya sebutkan tadi," tandasnya.*

Editor : Ridwan

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut