get app
inews
Aa Read Next : 4 Jurusan Kuliah Ini Dibutuhkan Disetiap Kementerian, No 2 Jurusan Akuntansi

Profil Heri Hermansyah, Rektor Universitas Indonesia yang Punya Segudang Prestasi

Kamis, 03 Oktober 2024 | 14:16 WIB
header img
Universitas Indonesia (UI) memiliki rektor baru, yaitu Prof.Dr.Ir. Heri Hermansyah,ST,M.Eng. Heri resmi menjadi rektor UI dengan memperoleh suara tertinggi. Foto: UI

Selama perjalanan pendidikannya menjadi mahasiswa, Prof Heri mendapat sederet penghargaan, salah satunya adalah menjadi  Mahasiswa Berprestasi UI Bidang Penalaran (1997).  Pada tahun 1995-1997, Heri menjadi  Mahasiswa Terbaik TGP FTUI selama 3 tahun berturut-turut.

Heri juga meraih penghargaan Third Winner di Society Petroleum Engineer (SPE) Student Paper Contest (1997)

Diketahui dari situs UI dan situs pribadinya, Heri menjadi akademisi yang berprestasi di Tri Dharma. Karena itulah Heri menjadi Guru Besar termuda di FTUI pada tahun 2013 dengan usianya yang baru 37 tahun. Heri sempat bekerja di International Trading Company selama kurang lebih 1 tahun, lalu Heri diminta kembali mengabdi di perguruan tinggi sebagai dosen.

Setelah kembali mengabdi sebagai dosen, Prof Heri memperdalam keilmuannya di bidang Teknik Kimia di Tohoku University, Japan. Pasalnya, Heri mendapatkan Master’s Scholarship dari Panasonic di tahun 2000-2003 dan PhD Scholarships dari Hitachi pada tahun 2003-2006.

Beberapa penghargaan pernah diraih saat dirinya menjadi dosen, di antaranya yaitu IDB Bidang Sains Teknologi atas nama Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Indonesia dan Bintang Satya Lencana dari Presiden Republik Indonesia.

Selain karirnya yang mengabdi sebagai dosen, Heri juga pernah menjabat di Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Ristek/BRIN) dengan menjadi Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual dan Plt Direktur dan Pengabdian Masyarakat.
 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut