get app
inews
Aa Read Next : Penampakan Pesawat Latih Jatuh di BSD 3 Orang Tewas

Kawasan Bersalju di Indonesia Ini Menawan Wisatawan

Jum'at, 22 April 2022 | 01:35 WIB
header img
Kawasan bersalju. Foto: Ilustrasi/SINDOnews.

SUKABUMI, iNews.id — Terdapat sejumlah tempat di Indonesia yang berselimut salju. Tentunya beberapa tempat bersalju ini bisa menjadi destinasi wisata yang menawan dikunjungi wisatawan. Kami rangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tempat bersalju di Indonesia.

 

1. Puncak Jayawijaya 
Indonesia sebagai salah satu negara yang berada di garis khatulistiwa, yang seharusnya tak memiliki salju. Namun, di Puncak Jayawijaya salju terhampar begitu luas. Puncak Jayawijaya merupakan pegunungan tertinggi di Indonesia. 

Ketinggiannya mencapai 4.884 meter dpl, sehingga salju abadi pun menutupi puncak gunung di Papua ini. Salju yang berada di puncak Jayawijaya atau lebih dikenal oleh para pendaki sebagai Piramida Carstensz adalah salah satu fenomena alam yang unik, karena es alami biasanya tidak turun di sepanjang khatulistiwa. Jika dilihat dari udara, Puncak Jayawijaya bagaikan permadani hitam yang diselimuti tudung putih. 

2. Puncak Sumantri Brodjonegoro 
Anda bisa menemukan salju di Puncak Sumantri. Puncak Sumantri yang masih berada di kawasan puncak Jayawijaya memiliki ketinggian hingga 4.870 meter di atas permukaan laut (mdpl). Puncak Sumantri yang berada di Papua ini memiliki nama internasional Peak Sumantri Brodjonegoro. 

3. Dataran Tinggi Dieng 
Fenomena embun es kerap menyelimuti sejumlah area di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Fenomena ini tak dimungkiri lagi menjadi salah satu daya tarik destinasi wisata di dataran tinggi Dieng. Banyak wisatawan yang sengaja datang ke Dieng karena ingin melihat langsung embun upas. 

Fenomena embun upas memang selalu terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Terlebih ketika memasuki puncak musim kemarau. Embun es atau embun upas ini biasanya terjadi bulan Juli sampai Agustus, bertepatan dengan musim kemarau. Tapi hanya berlangsung di pagi hari saja.


 

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut