JAKARTA, iNews.id — Anak perusahaan dari PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) yakni PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN) mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar 84% YoY, dari Rp76,5 miliar di kuartal I-2021 menjadi Rp140,3 miliar di kuartal I-2022 (Q1). EBITDA perseroan juga tercatat sebesar Rp248,2 miliar pada kuartal I-2022, meningkat signifikan sebesar 119% YoY dari Rp113,4 miliar pada kuartal I-2021, yang mewakili peningkatan marjin EBITDA sebesar 27% dari 23% tahun lalu.
Jika dibandingkan dengan angka forecast perseroan pada kuartal I-2022, EBITDA dan laba bersih keduanya melampaui target Perseroan masing-masing sebesar 62% dan 66%.
Kemudian peningkatan juga terjadi pada pendapatan sebesar Rp923,8 miliar pada kuartal I-2022, naik sebesar 90% YoY dibandingkan dengan Q1-2021 sebesar Rp486,1 miliar.
Pendapatan konsolidasi tersebut 28% di atas ekspektasi Perseroan yang tercatat sebesar Rp721,2 miliar. Hal ini terutama berasal dari sumber pendapatan baru dari berbagai platform digital yang dikonsolidasikan ke dalam Perseroan, yaitu RCTI+, Vision+ dan 7 portal online.
Selain itu, kinerja platform ini telah menunjukkan angka pertumbuhan audiens yang kuat di mana RCTI+ mencapai 64,4 juta pengguna aktif bulanan (MAU), Vision+ mencatat lebih dari 2 juta pelanggan berbayar, diikuti oleh portal online, yang secara kolektif telah menghasilkan lebih dari 80 juta MAU.
Editor : Eka L. Prasetya